Kompas TV nasional berita kompas tv

Usut Tuntas, Polisi Telusuri Aliran Dana Orang yang Membantu Djoko Tjandra

Senin, 3 Agustus 2020 | 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Djoko Tjandra, terpidana kasus hak tagih Bank Bali, kini telah mendekam di tahanan Mabes Polri di Lembaga Pemasyarakatan Salemba, Jakarta, menjalankan eksekusi dua tahun penjara sejak 11 tahun lalu.

Tapi, penyidikan kasus pelariannya ke malaysia masih berlanjut.

Kabareskrim polri berjanji menuntaskan hingga aliran uang yang membantu pelarian Djoko Tjandra.

Terpidana kasus pengalihan hak tagih bank bali, Joko Tjandra, telah menempati Lembaga Pemasyarakatan Salemba Cabang Bareskrim Polri.

Di sel nomor satu, Djoko Tjandra menempati sel tahanan sendirian.

Di penjara yang sama, tersangka kasus surat perjalanan Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo, berada di sel nomor 26.

Sebelumnya, bareskrim polri telah  menyerahkan Djoko Tjandra ke kejaksaan agung, setelah Djoko dibawa dari Malaysia.

Kisah Djoko Tjandra, masih bersambung, karena kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, berjanji Polri tengah mendalami dugaan aliran dana dari Djoko Tjandra, ke pihak-pihak yang yang membantu pelariannya.

Sementara itu, di Kejaksaan Agung, jaksa yang diduga terlibat dalam mengatur peninjauan kembali kasus Djoko Tjandra, dicopot dari jabatannya.

Tak cuma dicopot dari jabatannya, Jaksa Pinangki Sirna Malasari, kini masih diperiksa pengawas Kejaksaan Agung, dengan desakan dari Menko Polhukam Mahfud Md, supaya memprosesnya secara pidana.

Sementara, Pengacara Djoko, Anita Kolopaking, setelah menjadi tersangka pemalsuan surat jalan, masih diperiksa untuk urusan lobi kepada jaksa.

Keluarga Djoko tjandra meminta Otto Hasibuan sebagai kuasa hukum bagi Djoko, di kasus korupsi hak tagih bank bali, yang telah membelitnya sejak 2009.

Namun Otto belum menentukan sikap, karena harus menanyakan beberapa hal kepada Djoko Tjandra, termasuk apakah masih ada pengacara lain yang mewakili Djoko Tjandra.

Setelah sebelas tahun, seluruh kasus yang menjerat Djoko Tjandra, sepertinya akan dituntaskan.

Penulis : Aleksandra Nugroho


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:14
PEMBANGUNAN TOL INDRALAYA-PRABUMULIH TELAH MENCAPAI 25%, TARGET TUNTAS 2022   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, AKAN TERAPKAN SEKOLAH TATAP MUKA PADA AWAL FEBRUARI 2021   SRI SULTAN HB X PECAT 2 ADIKNYA DARI JABATAN DI KERATON KARENA SUDAH TAK AKTIF SELAMA 5 TAHUN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: INDONESIA TELAH MENGUNCI 600 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19   TIM SAR TERIMA 3 KANTONG SERPIHAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 DARI TNI AL   SERAPAN APBN 2020 KEMENTERIAN PUPR SEBESAR RP 97,4 TRILIUN DARI TOTAL PAGU ANGGARAN RP 103,78 TRILIUN   KOMISI IV DPR MINTA BEA CUKAI HENTIKAN EKSPOR BENIH LOBSTER   TEMUI PIMPINAN KPK, MENPAREKRAF SANDIAGA UNO BAHAS KERJA SAMA PENGELOLAAN ANGGARAN KEMENTERIAN   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA (KSPI) PROYEKSIKAN 100.000 PEKERJA INDUSTRI BAJA TERANCAM TERKENA PHK   KRISIS AIR BERSIH DI DESA BESOWO, KEDIRI, TERJADI KARENA TEMPAT PENAMPUNGAN AIR DITERJANG BANJIR BANDANG   SEBANYAK 2.363 KELUARGA DI DESA BESOWO, KEDIRI, MENGALAMI KRISIS AIR BERSIH DALAM DUA PEKAN TERAKHIR   WALI KOTA DEPOK M IDRIS SETUJU USULAN SOAL PANDEMI KORONA JABODETABEK DITANGANI PEMERINTAH PUSAT   SIAGA BANJIR, PEMPROV DKI JAKARTA SIAPKAN 487 POMPA   PEMERINTAH PERSIAPKAN 33 HOTEL DI DKI UNTUK KEPERLUAN ISOLASI MANDIRI GRATIS BAGI PASIEN KORONA TANPA GEJALA