Kompas TV regional berita daerah

Cegah Kerumunan Warga Potong Hewan Kurban di RPH

Kompas.tv - 3 Agustus 2020, 11:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Ada puluhan hewan kurban mulai dipotong oleh petugas di RPH milik Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus, pada Jumat (31/7/2020) pagi. Pemotongan hewan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, yakni petugas diwajibkan mengenakan masker dan face shield. Selain itu, panitia kurban yang diperkenankan masuk ke lokasi pemotongan hanya dua orang.

Khusus Hari Raya Idul Adha, kapasitas pemotongan hewan kurban di RPH Kudus bertambah. Setelah hewan kurban dipotong dan dikuliti, warga yang berkurban mengambil daging untuk dibagikan. Untuk pemotongan hewan kurban tahun ini, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus, menyiapkan dua rumah pemotongan hewan.

Sementara itu, di RPH Penggaron Kota Semarang, menyembelih sekitar 186 ekor hewan kurban. Angka ini jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 70 ekor hewan kurban.

Di tahun sebelumnya, RPH Penggaron Kota Semarang, menyediakan tempat di area RPH bagi kurban untuk mengemas daging kurban. Tapi karena saat ini sedang pandemi, fasilitas tempat tersebut dihilangkan. Panitia kurban diminta mengemas daging kurban di luar RPH, agar tidak terjadi kerumunan.

#HewanKurban #RPH #HariRayaIdulAdha



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x