Kompas TV entertainment lifestyle

Netflix Sudah Diunduh 1 Miliar di Google Play Store

Kompas.tv - 3 Agustus 2020, 09:07 WIB
netflix-sudah-diunduh-1-miliar-di-google-play-store
Ilustrasi: logo Netflix. (Sumber: hollywoodreporter.com)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Netflix mencatatkan rekor baru. Layanan video streaming on-demand ini telah diunduh lebih dari 1 miliar kali di Google Play Store.

Jumlah ini termasuk unduhan aplikasi bawaan pada smartphone, meski demikian hal ini tetap menambah jumlah pemasangan aplikasi secara signifikan. Angka 1 miliar tersebut jauh melampaui layanan streaming sejenis.

Ada juga Disney+ yang belum juga berusia satu tahun, sudah naik daun dan berpotensi menjadi pesaing berat Netflix. Disney+ tercatat sudah diunduh lebih dari 10 juta.

Baca Juga: Setahun Diblokir, Ini Alasan Telkom Buka Akses Netflix

Dengan pencapaiannya ini, Netflix telah mengalahkan para pesaingnya seperti Amazon Prime yang diunduh sekitar 100-500 juta, Hulu 50-100 juta, dan HBO Go dengan 5 juta unduhan.

Tingginya jumlah unduhan ini tak lepas dari pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah menonton film lewat aplikasi streaming, termasuk Netflix.

Bahkan pada bulan Maret lalu, Netflix berinisiatif menurunkan kualitas streaming videonya di wilayah Eropa. Tujuannya tak lain untuk mencegah terjadinya lonjakan trafik dan mengurangi bandwidth internet.

Sejak didirikan pada tahun 1997, Netflix menjadi pelopor penyedia layanan sewa film secara online . Pada saat itu, Netflix mengakomodasi arsip film paling lengkap dengan wilayah pengoperasian terbanyak. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x