Kompas TV regional peristiwa

Muslianto 12 Tahun Jadi TNI AD Gadungan Berpangkat Peltu, Identitasnya Terbongkar Gara-gara Seragam

Kompas.tv - 2 Agustus 2020, 23:00 WIB
muslianto-12-tahun-jadi-tni-ad-gadungan-berpangkat-peltu-identitasnya-terbongkar-gara-gara-seragam
Anggota TNI gadungan bernama Muslianto (Sumber: Dok. Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro

MEDAN, KOMPAS TV - Seorang warga asal Kompleks IDI, Jalan Pintu Air IV, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor bernama Muslianto diamankan anggota TNI pada Kamis (30/7/2020).

Pria berusia 50 tahun tersebut diamankan karena mengaku sebagai prajurit TNI Angkatan Darat (AD) yang bertugas mengamankan sejumlah kegiatan proyek.

Dandim 0201/BS, Letkol Inf Agus Setiandar, mengatakan Muslianto telah melakoni sebagai anggota TNI gadungan selama 12 tahun.

Baca Juga: Denpom II/3 Korem 043 Garuda Hitam Lampung Ringkus TNI Gadungan

Aksinya kemudian terbongkar pada Kamis ketika berpapasan dengan Babinsa Koramil 0201-05/Medan Baru, Serka H Purba saat menumpang sepeda motor di kawasan Jalan Luku, tak jauh dari Fly Over Simpang Pos.

Ketika itu, Serka Purba melihat ada kejanggalan saat melihat Muslianto. Ia merasa ada yang aneh pada seragam PDL NKRI yang dipakai TNI gadungan tersebut.

“Serka H Purba melihat seragam PDL yang dipakai pelaku tidak sesuai aturan yang berlaku,” kata Letkol Inf Agus Setiandar di Medan, Sumatera Utara.

Selanjutnya, kata Letkol Agus, kecurigaan Serka H Purba semakin menguat bahwa Muslianto bukanlah anggota TNI. Itu setelah Serka H bertanya kepada pelaku tentang KTA dan NRP. Saat itu, Muslianto memberikan jawaban berbelit-belit.

Baca Juga: TNI Gadungan Terjaring Razia, Kedapatan Membawa Senapan!

Karena kecurigaan itulah, pelaku yang mengaku bertugas di Denmadam I/BB itu digiring oleh Serka H Purba menuju Makoramil 0201-05/Medan Baru.

Muslianto lantas diinterogasi Makoramil 0201-05/Medan Baru oleh Danramil 0201-05/Medan Baru, Kapten Arm Edi Hutabarat yang didampingi Serka H Purba dan sejumlah Babinsa lainnya.

"Muslianto akhirnya mengakui dirinya sebagai tentara gadungan,” ucap Letkol Agus.

Selain itu, Letkol Agus mengatakan, Muslianto juga mengaku untuk meyakinkan orang lain bahwa dirinya tentara, ia melengkapi diri dengan seragam PDL NKRI berpangkat Peltu, sepatu lars panjang, baret, sangkur, dan sebuah pistol jenis Air Soft Gun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x