Kompas TV video cerita indonesia

Pesawat Perang Dunia II Ditemukan di Jayapura!

Kompas.tv - 2 Agustus 2020, 18:51 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Tim selam gabungan TNI-Polri dan Basarnas menemukan badan pesawat yang diduga digunakan Belanda saat perang dunia kedua di perairan Jayapura, Papua.

Penemuan ini diawali laporan dari nelayan lokal.

Badan pesawat ditemukan tim selam di kedalaman 22 meter Perairan Tanjung Demoy dengan kondisi sudah tak utuh  terdiri dari baling-baling samping kanan, sayap dan ekor pesawat.

Tim selam membutuhkan waktu dua hari untuk menemukan lokasi tepat puing-puing pesawat yang diprediksi berjenis Catalina, yakni pesawat yang bisa mendarat di permukaan air.

Koordinator tim selam sekaligus Wakil Direktur Polair Polda Papua AKBP Michael Mumbunan mengatakan penemuan kapal sisa perang dunia kedua ini setelah klub selam MM 97 DC melakukan penelusuran kurang lebih dua hari setelah menerima laporan dari masyarat yang bekerja sebagai nelayan penangkap ikan.

“Ternyata benar di dalam (laut) ada bangkai pesawat bagian sayap dan baling-baling. Itu berada di kedalaman 20-22 meter. Dari situ setelah kami melihat, kami menganalisa bahwa pesawat itu adalah pesawat peninggalan perang dunia kedua,” kata Michael, Minggu (2/8/2020).

Michael menyebut puing pesawat yang ditemukan menyisakan bagian baling-baling samping kanan sayap dan ekor yang sudah tidak utuh lagi ini diperkirakan berjenis catalina atau pesawat baling-baling dengan pendaratan di air.

Selain di wilayah Tanjung Demoy, tim selam juga mendapat informasi akan adanya puing pesawat di Kampung Kurisi yang lokasinya tidak berjauhan dengan Kampung Demoy. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x