Kompas TV klik360 cerita indonesia

VIRAL Hadi Pranoto Klaim Obat Covid-19

Minggu, 2 Agustus 2020 | 18:49 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Akun Youtube dunia MANJI menjadi sorotan publik. Pasalnya ia mewawancarai Hadi Pranoto yang mengaku sebagai ahli mikrobiologi seperti yang tertulis pada atribusi video tersebut.

Video yang diunggah pada 31 Juli 2020 itu sudah ditonton lebih dari 300 ribu kali per Minggu  sore (02/08/2020).

Hadi mengatakan cairan yang ia temukan dapat menyembuhkan pasien positif Covid-19.

Cairan antibodi Covid-19 tersebut bahkan diklaim telah didistribusikan di Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan.

Dikutip dari Kompas.com, Dosen dan peneliti dari UGM Mohamad Saifudin Hakim pun angkat bicara.

Baca Juga: UNPAD Pimpin Uji Klinis Vaksin Corona, Pendaftaran untuk 1.620 Relawan Sudah Dibuka!

Ia mengatakan penelitian terkait virus tidak bisa dilakukan di sembarang tempat.

"Labnya (dia) itu di mana? Tidak bisa meneliti virus cuma di dapur, atau di bengkel. Tidak seperti itu. Orang meneliti virus kan harus di lab dengan tingkat keamanan yang sesuai, itu kalau dia mau patuh terhadap Undang-Undang. Tidak mungkin kita meneliti virus berbahaya, apalagi selevel SARS atau MERS yang itu adalah patogen," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (2/8/2020).

Sementara itu dari sisi pemerintah Indonesia, tengah mengupayakan uji coba vaksin Covid-19.

Rencananya uji coba vaksin dari 3 negara yakni China, Korea, dan Inggris akan melibatkan ribuan relawan untuk test vaksin.

Editor : Yuilyana



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:32
KEMENKOP DAN UKM GENCARKAN PELATIHAN DI DAERAH PUSAT LAHIRNYA WIRAUSAHA MUDA   DUKUNG KETAHANAN PANGAN BERBASIS MASYARAKAT PESANTREN, DOMPET DHUAFA SIAPKAN 1.000 HEKTAR SAWAH IRIGASI   ERICK THOHIR HARAP IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 BISA DILAKSANAKAN MULAI FEBRUARI 2021   DUKUNG PEMULIHAN EKONOMI, MENTERI BUMN ERICK THOHIR DORONG PROGRAM DIGITALISASI RANTAI PASOK LOGISTIS   PT PUPUK INDONESIA SIAPKAN 775.704 TON PUPUK NONSUBSIDI UNTUK PENUHI KEBUTUHAN PETANI   ADA SEKOLAH YANG GELAR BELAJAR TATAP MUKA, GUBERNUR JATENG: KALAU BELUM IZIN, SAYA TUTUP   PT BIO FARMA PERKIRAKAN VAKSIN COVID-19 DIPRODUKSI FEBRUARI ATAU MARET 2021    PT BIO FARMA TARGETKAN 1.620 RELAWAN DISUNTIK VAKSIN COVID-19 HINGGA DESEMBER 2020   POLISI: ADA SEORANG SAKSI MENGAKU SEMPAT BERBICARA DENGAN PENEMBAK PENGUSAHA   POLISI TELAH PERIKSA 10 SAKSI TERKAIT PENEMBAKAN SEORANG PENGUSAHA DI ROYAL GADING SQUARE, JAKARTA UTARA   KEMENTERIAN PERDAGANGAN DORONG EKSPOR KOPI INDONESIA KE MEKSIKO   WEBINAR RISET PRAKTIS: SEBUAH PENGANTAR UNTUK KEPUTUSAN STRATEGIS. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN