Kompas TV nasional update corona

Mahasiswi Kedokteran Sembuh dari Corona, Kabupaten TTU Kembali ke Zona Hijau

Kompas.tv - 2 Agustus 2020, 17:51 WIB
mahasiswi-kedokteran-sembuh-dari-corona-kabupaten-ttu-kembali-ke-zona-hijau
Ilustrasi: ancaman virus corona dengan mikro droplet. Mahasiswi Kedokteran Sembuh dari Corona, Kabupaten TTU Kembali ke Zona Hijau. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Fadhilah

KUPANG, KOMPAS.TV - Seorang mahasiswi kedokteran asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Dengan sembuhnya mahasiswi itu, kita akhirnya kembali ke zona hijau," ujar Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, Minggu (2/7/2020) pagi, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Raymundus mengatakan, mahasiswi tersebut dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swab dari Laboratorium Biologi Molekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) WZ Johannes Kupang menunjukkan negatif Covid-19.

Baca Juga: Ganjil Genap Jakarta Kembali Dilakukan di Masa Pandemi Corona, Seberapa Efektif?

Selama ini mahasiswa tersebut menjalani karantina di Rusunawa BTN Kefamenanu. Meski telah sembuh, mahasiswi itu harus menjalani karantina mandiri di rumahnya selama 14 hari ke depan.

Karantina mandiri, kata Raymundus, untuk memastikan kondisi pasien benar-benar pulih, sehingga pasien bisa bersosialisasi dengan warga sekitar.

Raymundus mengaku tetap memperketat pengawasan di perbatasan kabupaten terhadap para pelaku perjalanan.

"Para pelaku perjalanan dari zona merah akan diperiksa kesehatan mereka saat memasuki wilayah TTU," kata Raymundus.

Sebelumnya diberitakan, seorang mahasiswi kedokteran yang kuliah di Semarang, Jawa Tengah, asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), positif Covid-19.

Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes yang dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (9/7/2020) malam membenarkan hal itu.

Raymundus menuturkan, hal tersebut merupakan kasus pertama di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi, Timor Leste, itu.

Menurut dia, pasien positif corona tersebut tiba di Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU pada 3 Juli 2020 lalu.

Baca Juga: Update Corona 2 Agustus: 111.455 Positif, 68.975 Sembuh, 5.236 Meninggal

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x