Kompas TV internasional kompas dunia

Suasana Ibadah Haji di Tengah Pandemi Corona

Minggu, 2 Agustus 2020 | 15:40 WIB

KOMPAS.TV - Ibadah haji tahun ini memang tak biasa. Pandemi virus corona yang menyerang seluruh dunia, membuat pemerintah kerajaan Arab Saudi memutuskan melakukan pembatasan ketat terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Salah satu putusan yang diambil adalah tak ada jamaah haji yang berasal dari luar teritori Arab Saudi.

Meski begitu, warga asing yang telah tinggal di wilayah Arab Saudi diperbolehkan mengikuti ritual berhaji, yang menjadi rukun islam ke lima ini.

Diperkirakan hanya ada seribuan jamaah yang menunaikan ibadah haji tahun ini. Dua pertiganya jamaah berasal dari sejumlah negara.

Salah satunya Ata Yahra, Jamaah Haji Asal Indonesia, yang telah bermukim di Arab Saudi. Sambil menangis, ata merasa bersyukur bisa beribadah haji tahun ini.

Jamaah lain yang juga berhasil menunaikan ibadah haji tahun ini adalah Ahmat Bachir yang berkewarganegaraan republik afrika tengah.

Pemerintah arab saudi terlihat tak mau ambil resiko. Itu sebabnya semua langkah pencegahan penularan covid-19 dilakukan. Tanda jalur khusus pun dibuat untuk memastikan jarak aman antar jamaah yang beribadah.

Di arab saudi saat ini tercatat, ada 273.000 kasus positif corona dengan angka kematian mencapai 2.816 orang.
 

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:05
PK TERHADAP PERKARA MANTAN KEPALA BPPN SYAFRUDDIN ARSYAD TEMENGGUNG DITOLAK, KPK: KAMI HORMATI PUTUSAN MA   MA TOLAK PERMOHONAN PK YANG DIAJUKAN KPK TERKAIT PUTUSAN MANTAN KEPALA BPPN SYAFRUDDIN ARSYAD TEMENGGUNG   KOORDINATOR MAKI BOYAMIN SAIMAN MENILAI BARESKRIM POLRI PERLU MEMERIKSA JAKSA PINANGKI TERKAIT DJOKO TJANDRA   KPAI SARANKAN KEMENDIKBUD GRATISKAN INTERNET SISWA DARI DANA PROGRAM ORGANISASI PENGGERAK (POP)   SOAL KLAIM HADI PRANOTO, KEMENKES: OBAT HARUS LOLOS UJI ILMIAH   KAROPENMAS SEBUT BARESKRIM PANGGIL PENGACARA DJOKO TJANDRA, ANITA KOLOPAKING SELASA, 4 AGUSTUS 2020   BUPATI BOGOR MINTA PENAMPUNGAN MIGRAN DIPINDAH DARI PUNCAK BOGOR   KEMENKES MINTA MASYARAKAT TIDAK MUDAH PERCAYA KLAIM HADI PRANOTO   TANGGAPI HADI PRANOTO, KEMENKES TEGASKAN PRODUKSI OBAT TIDAK SEMBARANGAN    GUBERNUR JAWA TENGAH GANJAR PRANOTO AKAN POTONG GAJI ASN YANG LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DI KANTOR   KEMENDIKBUD BERI BANTUAN DANA UANG KULIAH TUNGGAL KEPADA 419.605 MAHASISWA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA TEGASKAN PENENTUAN ZONA HIJAU BUKAN WEWENANG DAERAH   BAWASLU SEBUT PENYEDIAAN ALAT PELINDUNG DIRI UNTUK PENYELENGGARA PILKADA BELUM 100 PERSEN    KEMENRISTEK TIDAK PERNAH MEMBERIKAN DUKUNGAN UJI KLINIS OBAT HERBAL PRODUKSI BIO NUSWA YANG DIAKUI HADI PRANOTO