Kompas TV internasional kompas dunia

Suasana Ibadah Haji di Tengah Pandemi Corona

Kompas.tv - 2 Agustus 2020, 15:40 WIB

KOMPAS.TV - Ibadah haji tahun ini memang tak biasa. Pandemi virus corona yang menyerang seluruh dunia, membuat pemerintah kerajaan Arab Saudi memutuskan melakukan pembatasan ketat terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Salah satu putusan yang diambil adalah tak ada jamaah haji yang berasal dari luar teritori Arab Saudi.

Meski begitu, warga asing yang telah tinggal di wilayah Arab Saudi diperbolehkan mengikuti ritual berhaji, yang menjadi rukun islam ke lima ini.

Diperkirakan hanya ada seribuan jamaah yang menunaikan ibadah haji tahun ini. Dua pertiganya jamaah berasal dari sejumlah negara.

Salah satunya Ata Yahra, Jamaah Haji Asal Indonesia, yang telah bermukim di Arab Saudi. Sambil menangis, ata merasa bersyukur bisa beribadah haji tahun ini.

Jamaah lain yang juga berhasil menunaikan ibadah haji tahun ini adalah Ahmat Bachir yang berkewarganegaraan republik afrika tengah.

Pemerintah arab saudi terlihat tak mau ambil resiko. Itu sebabnya semua langkah pencegahan penularan covid-19 dilakukan. Tanda jalur khusus pun dibuat untuk memastikan jarak aman antar jamaah yang beribadah.

Di arab saudi saat ini tercatat, ada 273.000 kasus positif corona dengan angka kematian mencapai 2.816 orang.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.