Kompas TV nasional hukum

Ketua MPR Bambang Soesatyo Minta Polri Izinkan Masyarakat Sipil Gunakan Pistol Kaliber 9mm

Minggu, 2 Agustus 2020 | 13:52 WIB
ketua-mpr-bambang-soesatyo-minta-polri-izinkan-masyarakat-sipil-gunakan-pistol-kaliber-9mm
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Bambang Soesatyo (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo, meminta Kapolri Jenderal Idham Azis hendaknya mempertimbangkan penggunaan pistol jenis peluru tajam kaliber 9mm untuk masyarakat sipil.

Tujuan kepemilikan pistol ini tak lain hanya untuk bela diri. Bagi masyarakat sipil yang hendak memilikinya, harus sudah memenuhi persyaratan kepemilikan senjata api.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menjelaskan, ada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 18 tahun 2015 yang mengatur jenis senjata api peluru tajam yang boleh dimiliki, yakni dibatasi untuk senapan berkaliber 12 GA dan pistol berkaliber 22, 25, dan 32.

Baca Juga: Anaknya Ditangkap Karena Pistol Mainan, Ibu di Inggris Ini Gugat Kepolisian

"Sebetulnya di berbagai negara, sudah memperbolehkan menggunakan pistol kaliber 9 mm," kata Bamsoet pada Sabtu (1/8/2020).

"Mungkin Kapolri bisa mempertimbangkan merevisi Perkap tersebut."

Seperti diketahui, dalam Perkap tersebut, ada tiga macam senjata api yang boleh dimiliki untuk membela diri. Selain senjata api peluru tajam, ada senjata api peluru karet dan senjata api peluru gas.

Editor : Tito Dirhantoro

1
2
3
4



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:32
MANCHESTER CITY RESMI PERKENALKAN RUBEN DIAS YANG DIREKRUT DARI KLUB PORTUGAL   14 ANGGOTA TIM DAN STAF GENOA POSITIF COVID-19, GELARAN LIGA ITALIA TERANCAM DITUNDA SELAMA DUA PEKAN   POSITIF COVID-19, BINTANG LIVERPOOL THIAGO ALCANTARA ABSEN MEMPERKUAT TIMNYA DALAM BEBERAPA LAGA KE DEPAN   TOTTENHAM HOTSPUR MELANGKAH KE PEREMPAT FINAL LIGA INGGRIS SETELAH MENANG ADU PENALTI 5-4 LAWAN CHELSEA   PEMPROV DIY PERPANJANG MASA TANGGAP DARURAT KORONA HINGGA 31 OKTOBER 2020   GUBERNUR BI PERRY WARJIYO: TRANSAKSI DIGITAL NAIK 37,8 PERSEN SELAMA PANDEMI   DPR SAHKAN UU APBN 2021, PERTUMBUHAN EKONOMI DITARGETKAN 5 PERSEN   MULAI 1 JANUARI 2021, TARIF METERAI NAIK MENJADI RP 10.000   GRAHA WISATA RAGUNAN, JAKARTA, SIAP TAMPUNG PASIEN ISOLASI MANDIRI KORONA   PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTORAN INDONESIA (PHRI): 20.000 PEGAWAI RESTORAN YANG BEKERJA DI MAL DIRUMAHKAN   IDI: 127 TENAGA KESEHATAN MENINGGAL AKIBAT TERINFEKSI KORONA   KPK TAHAN DUA TERSANGKA KASUS KORUPSI PROYEK JEMBATAN DI KAMPAR, RIAU   MENKO PMK: TINGKAT KEMATIAN PASIEN COVID-19 DI PEKALONGAN HAMPIR 25 PERSEN, FASILITAS KESEHATAN HARUS DITAMBAH   KUNJUNGI RSUD BENDAN DI PEKALONGAN, MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA PENANGANAN PASIEN COVID-19 DITINGKATKAN