Kompas TV regional berita daerah

Ini Dia Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Kompas.tv - 1 Agustus 2020, 01:34 WIB
Penulis : Herwanto

JEMBER, KOMPAS.TV-

Bagi umat muslim yang mampu untuk berkurban, diwajibkan untuk menyembelih hewan kurban di Hari Raya Idul Adha. Memilih hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam, merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum membeli hewan kurban, Namun tidak semua orang mengetahui bagaimana memilih hewan kurban, baik ternak sapi maupun kambing atau domba, yang layak disembelih pada Hari Raya Idul Adha yang sesuai syariah islam. Ada ciri atau tanda khusus pada hewan kurban, diantaranya adalah hewan kurban harus sehat, berbadan gemuk, dan telah terjadi pergantian gigi seri susu ke gigi tetap atau dikenal dengan gigi poel.
Tips memilih hewan kurban dari instruktur peternakan Politeknik Negeri Jember, Jawa Timur, bisa menjadi edukasi bagi umat muslim agar tidak salah dalam membeli hewan kurban.
Dalam ajaran Islam, ternak sapi atau kambing layak dijadikan hewan kurban jika telah mengalami gigi poel yakni adanya pergantian gigi susu ke gigi tetap yang salah satu cirinya yaitu gigi terlihat mengecil dibagian bawah atau telah keropos.
Sedangkan untuk gigi yang masih belum poel, terlihat masih dalam keadaan bersih dan rapi. Selain itu, dari usia hewan, untuk sapi mengalami gigi poel berkisaran usia 1,5 tahun dan kambing atau domba berusia 1 tahun.
Selain gigi poel, hewan ternak yang sehat harus terlihat lincah, mata bersinar, dan hidung selalu basah serta kulit sapi atau kambing bulunya tidak kering dan rambut bulu tidak mudah dicabut atau rontok.
Pemilihan hewan ternak yang layak dikurbankan wajib dilakukan, karena tidak semua pedagang hewan menjual ternaknya yang dalam keadaan sudah dewasa atau layak dikurbankan di Hari Raya Idul Adha.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x