Kompas TV nasional berita kompas tv

Lagi! PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang Hingga 13 Agustus 2020

Jumat, 31 Juli 2020 | 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk ketiga kalinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, memperpanjang penerapan masa pembatasan sosial berskala besar, PSBB transisi hingga 13 Agustus mendatang.

Angka kasus covid-19 yang semakin melonjak, jadi alasan utama. Perbandingan jumlah kasus positif dengan tes PCR yang kini dilakukan secara agresif masih lebih tinggi dari standar 5 persen, yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia, WHO.

Hingga 13 Agustus mendatang, tidak akan ada penambahan pelonggaran pembatasan dari yang selama ini sudah berlaku.

Sejak PSBB transisi diberlakukan pertama kali pada 5 Juni, Pemprov DKI Jakarta melonggarkan kegiatan ekonomi, hingga sosial budaya, secara bertahap.

Masyarakat bisa kembali beraktivitas, namun wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Konsekuensinya baru terasa, grafik penambahan kasus positif covid-19 di Jakarta masih terus naik dan kini hampir menyentuh angka 21.000.

Dalam dua pekan terakhir, klaster perkantoran jadi salah satu tersangka utama penyumbang kasus baru.

Sampai 28 Juli lalu, satuan tugas penanganan covid-19 mencatat, setidaknya ada 90 perkantoran di Jakarta, yang jadi hot spot penyebaran corona dengan total 459 orang positif terinfeksi covid-19.

Selain melakukan tes masif, Gubernur Anies Baswedan juga memperingatkan kepada perusahaan untuk berkomitmen melindungi pekerja, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta juga telah membuka layanan informasi untuk pengaduan untuk kantor yang terindikasi melanggar protokol kesehatan.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Pakar Epidemologi Saran Pemprov DKI Evaluasi PSBB Transisi

 

Editor : Fransiska Wijayanti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:20
BANGUN 23 TITIK SUPER WIFI DI LABUAN BAJO, MENKOMINFO JOHNNY G PLATE SEBUT JANGKAUANNYA MENCAPAI RADIUS 500 METER   JAKSA AKUI MASIH SELIDIKI BERKAS PERKARA KASUS DUGAAN SUAP PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA   KEMNAKER OPTIMISTIS “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA AKAN MENGHADIRKAN PERLINDUNGAN LEBIH BAGI PARA PEKERJA   KONFEDERASI PERSATUAN BURUH INDONESIA MINTA PRESIDEN JOKOWI MENGHENTIKAN PEMBAHASAN OMNIBUS LAW RUU CIPTA KERJA   KOMISI X DPR SEBUT KLASTER PENDIDIKAN DITARIK DARI RUU CIPTA KERJA KARENA BANYAK PENOLAKAN DARI BERBAGAI PIHAK   BADAN ANGGARAN DPR SEPAKAT RAPBN 2021 DIBAWA KE SIDANG PARIPURNA   KEMENPAREKRAF SIAPKAN SEJUMLAH STRATEGI PENANGANAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL DI SEKTOR PARIWISATA   KOMISIONER KPU IMBAU SEMUA PIHAK YANG TERLIBAT PILKADA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   KAMPANYE PILKADA AKAN DIMULAI 26 SEPTEMBER 2020 DAN BERAKHIR PADA 5 DESEMBER 2020   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: 208 TEMPAT USAHA DI JAKARTA DITUTUP SEMENTARA KARENA LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN    PEMPROV DKI JAKARTA AKAN LIBATKAN 26 RUMAH SAKIT SWASTA MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PENANGGULANGAN COVID-19   MENTERI PPPA MINTA MASYARAKAT TETAP GUNAKAN MASKER DI RUMAH UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA   MENTERI PPPA SEBUT PIHAKNYA TENGAH MENYUSUN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI LINGKUP KELUARGA   MENTERI AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH TENGAH MERANCANG PERPRES & PETA JALAN TERKAIT DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19