Kompas TV video cerita indonesia

Hoax Bertemu Nyi Roro Kidul dan Khasiat Lele di Zaman Pandemi Flu Spanyol

Kompas.tv - 30 Juli 2020, 16:51 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV – Pada tahun 1918 dunia pernah mengalami pandemi flu spanyol yang sangat mematikan.

Pada masa tersebut hoax pun juga beredar seperti khasiat ikan lele untuk menangkal Flu Spanyol dan klaim beberapa orang yang ditemui Nyi Roro Kidul untuk mengobati warga yang terjangkit.

Seorang Kandidat Doktor Sejarah di Universitas of Melbourne Ravando Lie ceritakan pada masa Flu Spanyol memiliki penularan yang sangat cepat dan mematikan.

Dokter juga menyarankan untuk hindari kegiatan kumpul-kumpul karena diyakini dapat membuat seseorang tertular virus.

Ravando juga ceritakan hoaks juga beredar pada era pandemi flu spanyol diantaranya beredar kabar di daerah Wonogiri, Jawa Tengah yang mengatakan bahwa ikan lele berkhasiat untuk menangkal flu Spanyol namun ternyata hanya akal-akalan tukang lele saja.

“itu hanya akal-akalan tukang lele saja. Masyarakat percaya, sehingga stok lele saat itu ludes dan melonjak berkali lipat," kata Ravando, dalam wawancara dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Kamis (30/7/2020)

Selain itu, dalam catatan arsip pemberitaan yang beredar di daerah Purwokerto, beberapa orang klaim bahwa mereka ditemui oleh Nyi Roro Kidul yang membuat warga berbondong-bondong untuk meminta keselamatan dari flu ini.

“Mereka mengklaim ditemui Nyi Roro Kidul. Masyarakat harus datang dan menyumbang ke rumah mereka, untuk mendapatkan doa,”tambahnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.