Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Warga Terancam Tidak Bisa Ikuti Pilkada Kediri

Kompas.tv - 30 Juli 2020, 14:29 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kediri akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. sejumlah tahapan pilkada pun mulai dilakukan diantaranya adalah pencocokan data pemilih.

Dari data KPU Kabupaten Kediri terdapat 5 ribu pemilih yang belum memiliki KTP. Hal tersebut tentunya menjadi perhatian khusus bagi KPU mengingat KTP menjadi syarat utama untuk melakukan pencoblosan pada pilkada mendatang.

Pihak KPU terus berkoordinasi dengan dispendukcapil kabupaten kediri agar para pemilih tersebut dapat segera melakukan perekaman e-KTP.

Sementara itu Dispendukcapil Kabupaten Kediri menjelaskan pihaknya belakangan ini membatasi jumlah perekaman e-KTP. Hal ini dikarenakan untuk menghindari penyebaran virus corona.

Di tengah pandemi corona seperti saat ini pihak Dispendukcapil hanya melayani maksimal 200 perekaman e-KTP tiap harinya

Dari data Dispendukcapil Kediri total ada 20 ribu pemilih potensial yang belum memiliki KTP

Sementara itu dari hasil pencocokan dan penelitian tahap pertama pihak KPU Kabupaten Kediri menemukan lebih dari 40 ribu pemilih tidak memenuhi syarat. Jumlah tersebut diantaranya terdiri dari 26 ribu meninggal dunia, bukan penduduk asli sebanyak 6 ribu serta 2 ribu pemilih ganda.

#Kediri #Pilkada #KTP #KPU #BeritaKediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x