Kompas TV nasional berita kompas tv

Digelar Secara Terbatas, Berikut Suasana Ibadah Haji Selama Pandemi Corona

Kamis, 30 Juli 2020 | 14:20 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah Arab Saudi menggelar ibadah haji secara terbatas dengan aturan diperketat di masa pandemi corona.

Menerapkan protokol kesehatan, jemaah calon haji mesti mengenakan masker, dan bergerak dalam kelompok kecil.

Hari Tarwiyah menandai dimulainya pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Jemaah menghabiskan waktu untuk berdoa dan beribadah, hingga matahari terbit di Mina.

Setelahnya, jemaah melakukan sa'i dengan berlari kecil di Bukit Shafa dan Marwah.

Menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19, pembatasan jarak fisik diberlakukan kepada jemaah selama pelaksanaan ibadah haji berlangsung.

Tak seperti biasanya yang diikuti jutaan anggota jemaah haji dari berbagai negara di dunia pada tahun ini, jumlah jemaah dibatasi. Jemaah hanya merupakan warga atau ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi.

Sementara, mencegah penyebaran covid-19, di Masjidil Haram, jalur masuk, dan keluar jemaah secara khusus telah diatur.

Area Masjidil Haram juga telah disemprot cairan disinfektan, sebelum kehadiran jemaah.

 Kontrol kesehatan bagi jemaah calon haji dilakukan secara optimal dengan mendirikan pusat kesehatan khusus klinik keliling dan ambulans untuk merawat jemaah yang sakit.

Jemaah juga diberi perlengkapan untuk menjalankan tahapan ibadah haji, mulai dari kerikil yang sudah disterilkan untuk melempar jumrah, disinfektan, masker, sajadah hingga kain ihram.
 

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:25
SINGAPURA HENTIKAN SEMENTARA PENDAFTARAN PASIEN UJI COBA OBAT ANTIBODI KORONA DARI PERUSAHAAN FARMASI AS, ELI LILLY   SATGAS COVID-19 PAPUA: 3.359 PASIEN POSITIF KORONA MASIH DIRAWAT   HINGGA 20 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI SULAWESI TENGAH: 726 POSITIF, 462 SEMBUH, 28 MENINGGAL DUNIA   GUBERNUR SULTENG LONGKI DJANGGOLA USULKAN KOTA/KABUPATEN AJUKAN PENERAPAN PSBB DI TENGAH LONJAKAN KASUS KORONA   SEBANYAK 16.000 PETUGAS KPPS DI KOTA MAKASSAR, SULSEL, AKAN JALANI TES CEPAT KORONA PADA 14-20 NOVEMBER 2020   SEORANG STAF TATA USAHA IPDN KAMPUS DI PRAYA, LOMBOK TENGAH, NTB, POSITIF TERINFEKSI KORONA   DELAPAN MAHASISWA DITANGKAP DAN DUA POLISI TERLUKA DALAM DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA DI BIMA, NTB   DINKES KOTA SEMARANG: 7 ORANG DARI KLASTER DEMO DI SEMARANG SEMBUH DARI KORONA   SATGAS COVID-19: DAMPAK DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA TERHADAP KASUS KORONA AKAN TERLIHAT DALAM 2-4 PEKAN KE DEPAN   SEBANYAK 151 HOTEL DI KOTA BATAM BERSERTIFIKAT MEMENUHI SYARAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19   MENKES YAKIN PROSES PENGUJIAN VAKSIN KORONA AKAN TERUS DILAKUKAN UNTUK SEMUA KELOMPOK MASYARAKAT   MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO SEBUT VAKSIN KORONA YANG SEDANG DIUJI KLINIS BUKAN UNTUK ANAK DAN LANSIA   KPU: SELAMA 3 PEKAN MASA KAMPANYE, KAMPANYE DARING BARU 4% DAN KEGIATAN TATAP MUKA MASIH MASIF   BAWASLU KHAWATIR RENTANG 6 JAM PENCOBLOSAN TAK CUKUP MEMFASILITASI 500 PEMILIH DI SATU TPS