Kompas TV video cerita indonesia

Haji 2020, Tawaf di Masjidil Haram Terapkan Social Distancing

Kompas.tv - 30 Juli 2020, 13:35 WIB
Penulis : Theo Reza

KOMPASTV – Pelaksanaan Haji Tahun 2020 ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Karena pandemi corona yang masih berlangsung, Ibadah Haji tahun ini diberlakukan sejumlah pembatasan seperti jumlah peserta yang hanya sekitar 1.000 jemaah saja, selain itu protokol kesehatan juga diterapkan saat ibadah berlangsung.

Mengutip AP News, Rabu (29/7/2020), ratusan jemaah mulai melakukan tawaf di Masjidil Haram dengan tetap menjaga jarak fisik (social distancing) satu sama lain.

Tawaf dilakukan dengan mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali, berlawanan dengan arah jarum jam.

Terlihat para jemaah berjalan mengikuti stiker atau tanda pembatas yang telah dipasang sebelumnnya.

Pemasangan tanda ini dilakukan untuk mempermudah para jemaah menjaga jarak fisik sesuai pedoman dalam mencegah potensi penyebaran virus corona ini.

Mayoritas jemaah perempuan terlihat mengenakan pakaian berwarna hitam dan melakukan tawaf pada jarak yang lebih dekat dengan Kabah.


Pengaturan keamanan juga dilakukan untuk menyelenggarakan ibadah haji tahun ini didasarkan pada berbagai aspek, mulai dari organisasi, keamanan, kemanusiaan, hingga layanan kesehatan.

Para jemaah yang dapat mengikuti ibadah haji tahun ini telah menjalani serangkaian pemeriksaan seperti suhu dan dikarantina saat tiba di Mekkah.

Para petugas kesehatan melakukan disinfeksi pada barang-barang mereka. Staf kesehatan dan keamanan juga melakukan disinfeksi dan membersihkan area sekitar Kabah.

Pihak yang berwenang sendiri menutup Kabah pada pelaksanaan haji tahun ini, sehingga jemaah tidak diizinkan untuk menyentuhnya. Pihak penyelenggara juga mendirikan pusat kesehatan khusus, klinik keliling, dan ambulans untuk merawat para jemaah haji yang membutuhkan.

Para peziarah diminta untuk menggunakan masker dan harus menjaga jarak fisik. Mereka juga diberi perlengkapan untuk menjalankan tahapan-tahapan ibadah haji, mulai dari kerikil yang sudah disterilkan untuk lempar jumrah, disinfektan, masker, sajadah hingga ihram.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x