Kompas TV regional agama

Potret Tawaf Haji 2020, Jemaah Terapkan Social Distancing

Kamis, 30 Juli 2020 | 11:23 WIB
potret-tawaf-haji-2020-jemaah-terapkan-social-distancing
Jemaah haji mengelilingi Kabah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak. (Sumber: AP/STR)

KOMPAS.TV - Penyelenggaraan haji tahun ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena pandemi corona yang masih berlangsung, diberlakukan sejumlah pembatasan, mulai dari jumlah peserta hingga hal-hal teknis dalam setiap tahapan ibadah haji.

Apabila pada tahun-tahun sebelumnya ibadah haji dilaksanakan oleh sekitar 2 jutaan jemaah, pada tahun ini terbatas hanya sekitar 1.000 jemaah saja. 

Kini, Arab Saudi hanya memperkenankan warganya dan warga asing dari 160 negara yang tinggal di kerajaan itu untuk ikut berhaji pada tahun ini. Ada pun penerbangan internasional ke dan dari Arab Saudi telah ditangguhkan sejak Maret silam.

Dalam menerapkan social distancing, para jemaah berjalan di sepanjang papan yang diletakkan di lantai. Pemasangan tanda ini dilakukan untuk mempermudah para jemaah menjaga jarak fisik sesuai pedoman dalam mencegah potensi penyebaran virus corona ini. Mereka juga tampak membawa payung untuk melindungi diri dari terik sinar matahari.

Para jemaah haji 2020 tengah melaksankaan Sai dengan tetap menerapkan social distancing dan menggunakan masker (Sumber: Dokumentasi Kementerian Haji Arab Saudi)

Sebelum pelaksanaan haji dimulai kemarin, calon jemaah haji diminta untuk melakukan karantina mandiri selama 1 minggu di rumah mereka dan 4 hari di Mekkah.

Hal itu merupakan bagian dari protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi menurut Kementerian Media kerajaan tersebut. Selain itu, penggunaan masker juga diwajibkan.

 

Editor : Dian Septina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:08
ASOSIASI SEPAK BOLA EROPA (UEFA) DAN LIGA INGGRIS MENGALAMI PENURUNAN PENDAPATAN AKIBAT PANDEMI KORONA   KEMENTAN: SAGU PUNYA POTENSI UNTUK DITANAM HINGGA 5,5 JUTA HEKTAR GUNA PERKUAT KETAHANAN PANGAN NASIONAL   LELANG 7 SURAT UTANG NEGARA, PEMERINTAH KANTONGI RP 32,7 TRILIUN   MENPERIN: PENINGKATAN PENGOLAHAN SAGU NASIONAL MERUPAKAN SALAH SATU PROGRAM PRIORITAS PEMERINTAH   DUA BIOSKOP DI KOTA SEMARANG GELAR SIMULASI JELANG PEMBUKAAN KEMBALI OPERASIONAL PEKAN DEPAN   SATGAS COVID-19 IMBAU MASYARAKAT TAK GEGABAH JIKA INGIN BERLIBUR KE LUAR RUMAH SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020    SATGAS COVID-19 TEGASKAN KASUS KORONA DAN PENULARANNYA DI INDONESIA MASIH TINGGI   HARI INI, PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO, JAWA BARAT, KEMBALI DIBUKA DENGAN KUOTA 300 PENDAKI PER HARI   SELIDIKI AMBRUKNYA ATAP LANTAI DUA GEDUNG IGD RSUD CIAMIS, POLISI AMBIL SAMPE DARI TKP UNTUK DIPERIKSA LEBIH LANJUT   DISHUB KOTA TANGERANG AKAN MENAMBAH 5,6 KILOMETER JALUR SEPEDA PADA 2021   WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH: 94.000 UMKM DI KOTA TANGERANG TELAH TERDATA DALAM BANTUAN STIMULUS PEMERINTAH   MENKOP DAN UKM SEBUT PEMESANAN 27 JUTA MASKER BUATAN UMKM AKAN DIBAGIKAN KE 34 PROVINSI DI SELURUH INDONESIA   DORONG PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL, MENKOP DAN UKM PESAN 27 JUTA MASKER 3 LAPIS BUATAN UMKM SENILAI RP 150 MILIAR   KEMLU: INDONESIA HARAPKAN JEPANG DAPAT TANDATANGAN REGIONAL COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP (RCEP) TAHUN INI