Kompas TV internasional kompas dunia

Wabah Covid-19 Landa Korea Utara, Kedutaan Besar Rusia Evakuasi 27 Warganya

Kompas.tv - 30 Juli 2020, 09:53 WIB
wabah-covid-19-landa-korea-utara-kedutaan-besar-rusia-evakuasi-27-warganya
Pyongyang, Korea Utara (Sumber: GETTY IMAGES)
Penulis : Haryo Jati

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Mulai mewabahnya Covid-19 di Korea Utara membuat Kedutaan Besar Rusia bergerak mengevakuasi warganya.

Keduataan negara besar di Eropa Timur itu langsung memfasilitasi kepulangan 27 warganya, Rabu (29/7/2020) waktu setempat.

 “Pada 29 Juli, 27 orang Rusia kembali ke negaranya dari Korea Utara,” bunyi pernyataan Kedutaan Besar Rusia di akun Facebook mereka.

Baca Juga: PBB Laporkan Ratusan Wanita di Korea Utara Alami Kekerasan Seksual di Penjara

Seperti dilansir Kantor Berita Rusia TASS, Kedutaan Besar negara yang dipimpin Vladimir Putin itu mengakui evakuasi tersebut tak mudah untuk dilakukan.

Pasalnya, Korea Utara kini menutup perbatasan mereka, dan melarang adanya perjalanan di negara itu, serta penerbangan internasional.

Namun, pihak Kedutaan Besar Rusia menegaskan evakuasi tersebut berjalan dengan baik dan tanpa halangan berkat pertolongan Pemerintah Korea Utara serta Rusia.

Dari 27 warga Rusia yang dievakuasi, 10 di antaranya adalah anak-anak. Mereka meninggalkan Pyongyang dengan Kereta Api, menuju stasiun kereta Tumangang.

Para warga Rusia itu akan berganti gerbong di sana untuk melanjutkan perjalanan ke Vladivostok.

Baca Juga: Kim Jong-Un Yakini Berkat Program Nuklir Korea Utara Tak Akan Ada Lagi Perang

Pihak Kedutaan Besar Rusia menegaskan sebelum melakukan evakuasi, 27 warganya yang kembali ke Rusia sudah lebih dulu melakukan tes medis.

“Sebelum perjalanan, warga Rusia sudah berulang kali melakukan pemeriksaan, tes kesehatan, melakukan karantina yang cukup lama dan memiliki sertifikat medis yang menandakan mereka negatif saat di tes virus Corona,” ujar mereka.

Sebelumnya, pihak Kedutaan Besar Rusia mengungkapkan otoritas Korea Utara merekomendasikan para diplomat asing untuk tak melakukan perjalanan keliling negeri menyusul wabah virus Corona di Kaesong.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x