Kompas TV nasional peristiwa

Sastrawan dan Budayawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Kompas.tv - 30 Juli 2020, 08:24 WIB
sastrawan-dan-budayawan-ajip-rosidi-meninggal-dunia
Sastrawan Ajip Rosidi (kiri) dan aktris Nani Wijaya (Sumber: KOMPAS/DANU KUSWORO/RONY ARIANTO NUGROHO)
Penulis : Ninuk Bunski

MAGELANG, KOMPAS.TV- Sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi meninggal dunia di usia 82 tahun pada Rabu, (29/7/2020) sekitar pukul 22.30 WIB. Ajip Rosidi meninggal dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kabar dukacita dibenarkan oleh salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, seperti dikutip dari Antara. "Betul, saya sedang mengurus segala sesuatu ini," kata Nundang Rundagi.

Nundang Rundagi menuturkan sebelum menjalani operasi, Ajip Rosidi menjalani operasi di RSUD Tidar Kota Magelang, akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Nundang menambahkan, ayahnya menjalani operasi karena perdarahan di otak.

Sebagai informasi, Ajip Rosidi adalah sastrawan yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dalam kiprahnya, Ajip Rosidi menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Bukunya yang pertama ditulisnya adalah Tahun-tahun Kematian, terbit ketika usianya 17 tahun (1955). Karyanya terus bertambah, seperti kumpulan sajak, kumpulan cerita pendek, roman, drama, kumpulan esai dan kritik, dan hasil penelitian. Tak hanya itu, karya Ajip Rosidi juga banyak yang diterjemahkan ke dalam bahasa asing seperti bahasa Belanda, Cina, Inggris, Jepang, Perancis, Kroasia, dan Rusia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.