Kompas TV nasional politik

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Ganti Pangkostrad dan 3 Pangdam, Ada Apa?

Rabu, 29 Juli 2020 | 05:00 WIB
panglima-tni-marsekal-hadi-tjahjanto-ganti-pangkostrad-dan-3-pangdam-ada-apa
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberi keterangan usai memberi pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri dan tokoh masyarakat serta tokoh agama yang telah melakukan evakuasi korban kecelakaan Heli Mi-17, Selasa (18/2/2020). (Sumber: Puspen TNI)

JAKARTAKOMPAS TV - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, kembali melakukan mutasi jabatan terhadap 181 perwira tinggi atau Pati TNI. Dari jumlah itu, masing-masing terdiri atas 76 Pati TNI AD, 82 Pati TNI AL dan 23 Pati TNI AU.

Mutasi ratusan Pati TNI itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dengan demikian, beberapa jabatan strategis mengalami pergantian. Itu antara lain jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau Pangkostrad. Kemudian Panglima Kodam atau Pangdam.

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi 181 Pati, Pangdam Jaya Eko Margiyono Jabat Pangkostrad

Diketahui, ada tiga Pangdam yang diganti oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ketiganya yaitu Pangdam Jaya, Pangdam Sriwijaya dan Pangdam Mulawarman diganti.

"Mutasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," kata Kabidpenum TNI, Letkol Sus Aidil melalui keterangan resmi pada Selasa (28/7) malam.

Dengan adanya pergantian itu, Letjen Harto Karyawan dicopot dari jabatannya sebagai Pangkostrad. Dia digantikan oleh Mayjen TNI Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Jaya.

Editor : Tito Dirhantoro

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:58
PANDEMI KORONA, PEMKAB PROBOLINGGO WAJIBKAN PABRIK SEDIAKAN RUMAH SEHAT   LPSK SIAP LINDUNGI SAKSI DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAGUNG    KPU SIDOARJO SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS    PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT TARGETKAN PRODUKSI 1.000 UNIT SEPEDA LISTRIK   KEMENTERIAN SOSIAL BERIKAN 8.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA SEMARANG   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KEMENTERIAN PUPR: PENYERAPAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA CAPAI 84,3 PERSEN   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, PEMKAB MALANG, JATIM, DORONG INOVASI DI SEKTOR PERTANIAN    KEMENTERIAN PERDAGANGAN AKAN TERUS GENCARKAN PROMOSI PRODUK BERBASIS GEOGRAFIS   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL