Kompas TV internasional kompas dunia

100 Ventilator dari Donald Trump Sampai ke Indonesia

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 20:25 WIB
100-ventilator-dari-donald-trump-sampai-ke-indonesia
Penyerahan Ventilator secara simbolis oleh Kuasa Usaha Sementara (KUAI) Kedubes AS di Jakarta, Heather Variava, kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi di Kementerian Luar Negeri pada Selasa 28/07/2020 (Sumber: Kementerian Luar Negeri)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV – Pemerintah Amerika Serikat akhirnya menyerahkan secara simbolis, bantuan 100 unit ventilator.

Alat-alat ini akan digunakan untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

Penyerahan Ventilator dari Presiden Donald Trump dilakukan oleh Kuasa Usaha Sementara (KUAI) Kedubes AS di Jakarta, Heather Variava.

Seratus Ventilator pada tahap pertama ini diterima Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi di Kementerian Luar Negeri pada Selasa (28/07/2020).

Sebelumnya pada 24 April 2020 lalu, Presiden Donald Trump menerima telepon dari Presiden Joko Widodo yang membicarakan terkait bantuan ventilator ini.

Adapun Ventilator produksi Vyaire Medical tersebut merupakan pengiriman tahap pertama senilai USD 1,5 juta yang disalurkan melalui USAID, dari total 1000 unit.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan apresiasi atas perhatian dan dukungan Pemerintah AS dalam membantu Indonesia menanggulangi COVID-19.

“Dua hal penting dari proses ini, yaitu pertama, serah terima ventilator merupakan contoh nyata kolaborasi dalam penanganan pandemi dan kedua, kerja sama RI – AS tidak berhenti disini” ujar Retno

Ia pun berharap, ke depannya Indonesia dan Amerika bisa memperkuat kemitraan strategis.

“Indonesia dan AS akan memperkuat kemitraan strategis, tidak hanya dalam penanganan Covid-19, tetapi untuk mencegah krisis kesehatan di masa depan dan mendukung tata kelola kesehatan di tingkat regional dan global”, ungkap Menlu Retno seperti dikutip dari laman web Kemenlu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x