Kompas TV nasional sosial

Imbas Pandemi Covid-19, Angka Pengangguran Melonjak 3,7 Juta Orang

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 16:31 WIB
imbas-pandemi-covid-19-angka-pengangguran-melonjak-3-7-juta-orang
Kenaikan angka pengangguran di Indonesia akibat pandemi Covid-19 tidak terelakkan. Pada tahun ini angka pengguran melonjak hingga 3,7 juta orang. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenaikan angka pengangguran di Indonesia akibat pandemi Covid-19 tidak terelakkan. Pada tahun ini angka pengangguran melonjak hingga 3,7 juta orang.

Kenaikan angka pengangguran ini diungkap oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

"Angka pengangguran hari ini lumayan kenaikannya, sekitar 3,7 juta orang perhitungan Bappenas, ini sebuah angka yang reltif besar," jelas Suharso ketika memberikan paparan usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, dikutip dari Kompas.com Selasa (28/7/2020).

Dengan kenaikan tersebut, sehingga angka pengangguran di Indonesia akibat pandemi telah berada di kisaran 7 juta.

"Jadi dengan 3,7 juta artinya karena pandemi ini ada kenaikan 50% dari yang ada," kata Suharso.

Baca Juga: Dampak Corona Turut Mengoyak Angka Pengangguran dan Kemiskinan di Indonesia

Pemerintah, lanjut Suharso, akan mencoba memulihkannya secara bertahap. Pemerintah akan mendesain pemulihannya.

Tapi setidaknya, pemerintah akan memperhatikan sektor-sektor yang akan menyerap tenaga kerja. Seperti sektor industri, pariwisata, dan kesehatan.

"Kemudian tadi juga dalam pengarahan bapak Presiden mengenai pangan. Yang semua memberikan implikasi yang kuat terhadap penciptaan lapangan kerja," tutup Suharso.

Pada pekan lalu, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah telah mengungkap angka pengangguran mengalami kenaikan selama Indonesia mengalami pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 ini telah mengakibatkan 3 juta lebih saudara-saudara kita kehilangan pekerjaan. Sehingga tidak mendapatkan pendapatan sama sekali," ujar Ida dalam sambutan membuka acara PBK di BBPLK Serang, dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (21/7/2020).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x