Kompas TV internasional kompas dunia

Studio Digital di Jerman Buat Teknologi Haji Virtual, Seperti Apa?

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 16:31 WIB

KOMPAS.TV - Sebuah studio digital di Jerman membuat teknologi haji virtual untuk mengobati kekecewaan warga muslim yang gagal berangkat haji tahun ini akibat pandemi covid-19.

Dalam haji virtual ini, umat muslim dapat merasakan pengalaman haji, sekaligus bisa dijadikan persiapan untuk ibadah haji di tahun-tahun berikutnya.

Melaksanakan rangkaian ibadah haji secara virtual, inilah yang ditawarkan Bigitec, sebuah studio digital yang berlokasi di Bonn, Jerman. Studio ini menciptakan program perangkat lunak interaktif yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman ibadah haji, secara virtual.

Namun perangkat lunak yang diberi nama muslim 3 dimensi  ini, tidak bisa menggantikan ibadah haji sesungguhnya. Haji virtual ini untuk mengobati kekecewaan umat muslim yang gagal berangkat haji ke arab saudi tahun ini, karena pandemi covid-19.

Haji virtual bisa juga dijadikan sebagai ajang persiapan dan latihan selagi menunggu ibadah haji pada tahun-tahun berikutnya.

Perangkat lunak ini dibuat sebagai tur virtual melalui gaya hidup, sejarah dan budaya Islam. Sang penggagas membuat haji virtual dengan menggabungkan teknologi video gim dengan museum virtual.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x