Kompas TV nasional update corona

WHO: Corona Telah Mengubah Dunia, Darurat Kesehatan Terparah di Dunia

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 15:23 WIB
who-corona-telah-mengubah-dunia-darurat-kesehatan-terparah-di-dunia
Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus umumkan pandemi corona masih jauh dari selesai, pada Senin (27/4/2020) waktu Swiss. WHO: Corona Telah Mengubah Dunia, Darurat Kesehatan Terparah di Dunia. (Sumber: APTN)
Penulis : Fadhilah

JENEWA, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa pandemi virus corona (Covid-19) merupakan kondisi darurat kesehatan global terparah yang pernah dihadapi di dunia.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengaku akan mengadakan kembali komite darurat WHO minggu ini untuk melakukan tinjauan.

Selain virus corona, ada lima keadaan darurat kesehatan global lainnya, yakni ebola (dua wabah), zika, polio, dan flu babi.

Baca Juga: Ini Dia 2 Kandidat Terkuat Vaksin Corona versi WHO

Hingga Senin (27/7/2020), sudah ada lebih dari 16 juta kasus Covid-19 yang telah dilaporkan sejak Januari, serta lebih dari 650.000 kematian.

"Ketika saya menyatakan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional pada 30 Januari ... ada kurang dari 100 kasus di luar China, dan tidak ada kematian," kata Tedros dikutip dari BBC via Kontan.co.id.

"Covid-19 telah mengubah dunia kita. Ia telah membuat orang, komunitas, dan bangsa, menjadi terpisah," sambungnya.

Kasus Meningkat

Lebih lanjut, Tadros mengatakan bahwa jumlah total kasus Covid-19 telah meningkat dua kali lipat dalam enam minggu terakhir.

Meskipun dunia telah melakukan upaya besar dalam memerangi virus, ke depan masih ada jalan panjang yang sulit dilalui.

Baca Juga: Dampak Konflik Trump & WHO terhadap IHSG dan Penemuan Vaksin Corona

ancaman virus corona dengan mikro droplet. WHO: Corona Telah Mengubah Dunia, Darurat Kesehatan Terparah di Dunia. (Sumber: Pixabay)

Pada briefing hari Senin di Jenewa, Swiss, WHO juga mengatakan pembatasan perjalanan tidak bisa menjadi jawaban untuk jangka panjang.

Itu sebabnya, negara-negara harus berbuat lebih banyak untuk menghentikan penyebaran dengan mengadopsi strategi yang telah terbukti seperti menjauhkan jarak sosial dan mengenakan masker.

"Hampir mustahil bagi masing-masing negara untuk menutup perbatasan mereka untuk masa mendatang. Ekonomi harus terbuka, orang harus bekerja, perdagangan harus dilanjutkan," kata direktur program kedaruratan WHO Mike Ryan.

Namun para pejabat WHO mengakui bahwa lockdown lebih lanjut di negara-negara yang mengalami wabah baru mungkin diperlukan.

Akan tetapi lockdown disarankan sesingkat mungkin, dan terbatas pada area geografis sekecil mungkin (misalnya lockdown lokal).

"Semakin kita mengerti tentang virus, semakin banyak operasi yang kita bisa lakukan dalam mengendalikannya," jelas Ryan.

Baca Juga: WHO: Penularan Corona Bisa Melalui Udara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.