Kompas TV nasional sapa indonesia

Selasa Bahasa: Mengenal Istilah "Airborne" Terkait Penularan Virus Corona

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 16:02 WIB

KOMPAS.TV - Airborne menjadi topik yang ramai dibicarakan terkait pandemi covid-19, yang masih melanda dunia.

Sering kita mendengar atau membaca artikel yang menggunakan kata "airborne". Sebenarnya apa ya padanan kata ini dalam Bahasa Indonesia?

Tak hanya droplet, atau percikan yang ramai dibicarakan di masa pandemi covid-19. Namun kata airborne juga kerap digunakan atau diucapkan dalam pemberitaan.

Misalnya, kita pernah mendengar informasi, bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui ada bukti bahwa virus corona dapat disebarkan oleh partikel-partikel kecil yang melayang melalui airborne.

Untuk itu, harus ada pengaturan ulang protokol kesehatan di lokasi padat, ruang tertutup dan berventilasi buruk.

Nah bicara mengenai kata airborne, sebenarnya warga banyak yang tidak mengetahui apa padanan kata airborne dalam Bahasa Indonesia.

Untuk mengetahui padanan yang tepat untuk kata "airborne", berikut penjelasan dari Penyelaras Bahasa Kompas TV.

“Kalau dilihat dari kelas katanya, airborne itu merupakan ajektiva atau kata sifat yang artinya "di udara". Jika mengacu penyebaran covid-19, airborne di sini bisa diartikan sebagai "lintas udara".

Jadi, terkait salah satu metode penyebaran virus corona, kata airborne ini bisa dipadankan ke dalam bahasa indonesia dengan "penularan lintas udara" dari orang yang terjangkit covid-19.  

Jadi, padananan kata yang tepat untuk "airborne" adalah lintas udara.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x