Kompas TV nasional berita kompas tv

Terjadi Lagi! Ratusan Warga Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 14:05 WIB

MATARAM, KOMPAS.TV - Upaya pengambilan paksa jenazah pasien positif covid-19 masih terus terjadi. Kali ini Di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Meski sudah dijaga oleh aparat Kepolisian Polres Kota Mataram, petugas tetap tak kuasa menghalau ratusan warga yang memaksa untuk membawa pulang jenazah pasien.

Senin kemarin (27/07/2020), ratusan warga Telagawaru, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat, mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram.

Kedatangan ratusan warga ini untuk mengambil paksa jenazah seorang pasien yang positif covid-19, yang seharusnya wajib dimakamkan sesuai prosedur dan protokol pemulasaraan jenazah covid-19.

Keluarga meyakini kalau pasien meninggal karena gagal ginjal, dan bukan positif covid-19. Keluarga pun menolak pasien dimakamkan sesuai protokol penanganan covid-19.

Banyaknya jumlah massa yang datang, membuat aparat polisi kewalahan. Meski demikian, akhirnya diputuskan kalau jenazah boleh diambil pihak keluarga dengan pengawalan petugas rumah sakit.

Kasus ambil paksa jenazah pasien positif covid-19 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, bukan hanya kali ini saja terjadi.

Kurangnya pengetahuan dan edukasi mengenai bahaya covid-19 sampai saat ini masih menjadi PR kita bersama. Tak heran angka penularan covid-19 di Indonesia tak kunjung menurun.

Baca Juga: Hampir Ricuh, Polisi Mediasi dengan Keluarga Penjemput Paksa Jenazah Corona!


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x