Kompas TV internasional kompas dunia

Pada Akhir Tahun Ini, Vaksin Covid-19 Moderna Siap Digunakan Secara Luas

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 11:44 WIB
pada-akhir-tahun-ini-vaksin-covid-19-moderna-siap-digunakan-secara-luas
Ilustrasi vaksin virus corona (Sumber: Fresh Daily)
Penulis : Deni Muliya

KOMPAS.TV - Pejabat Amerika Serikat (AS) dan perwakilan Moderna Inc mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 siap digunakan secara luas pada akhir tahun ini.

Hal itu diungkapkan pada Senin (27/7/2020) setelah produsen obat itu mengumumkan dimulainya uji coba 30.000 subjek guna menunjukkan bahwa vaksin ini aman dan efektif.

Baca Juga: Bill Gates Bantu Danai Perusahaan Farmasi Korsel Produksi Vaksin Corona

Seperti dilansir dari pemberitaan Reuteurs, uji coba ini merupakan studi tahap akhir pertama di bawah program pemerintahan Donald Trump.

Tujuannya untuk mempercepat pengembangan langkah-langkah terhadap virus corona yang semakin menambah adanya harapan ditemukannya vaksin efektif yang dapat membantu mengakhiri pandemi. 

Itulah tadi merupakan rintangan terakhir sebelum persetujuan peraturan. Yang pasti, pasca pengumuman itu saham Moderna langsung naik 7,5 persen.

Dalam hal itu, Moderna telah menerima dana hampir US$ 1 miliar dari pemerintah AS.

Dana ini untuk membantu membiayai pengembangan beberapa kandidat vaksin di bawah program Operation Warp Speed.

Lebih dari 150 kandidat vaksin virus corona sedang dalam berbagai tahap pengembangan dan sekitar dua lusin vaksin yang prospektif sudah dilakukan pengujian pada manusia.

Sementara itu, Pfizer Inc dan Johnson & Johnson meluncurkan uji klinis tahap lanjut bulan ini untuk kandidat vaksin Covid-19 mereka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x