Kompas TV nasional agama

Catatan Perjalanan Haji Tempo Dulu: Antara Ibadah dan Bisnis

Selasa, 28 Juli 2020 | 19:01 WIB

Penulis: Retna Dario

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ibadah haji bagi Muslim di Indonesia menjadi kegiatan rutin yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Menunaikan rukun Islam kelima ini tidak hanya menguras fisik, tetapi juga biaya yang begitu besar. Dalam catatan sejarah haji abad ke-19, pelayaran kapal marak di kawasan Hindia Belanda.

Ibadah Haji menjadi ladang bisnis bagi pemerintah Kolonial. Peneliti dari UIN Syarif Hidayatullah, Fauzan, mengungkapkan bahwa biaya untuk pulang-pergi haji pada 1856 mencapai 1000 gulden.

Baca Juga: Siklus Pagebluk di Hindia Belanda - SINGKAP

Tidak hanya dari segi finansial, perjuangan calon jemaah haji semakin melelahkan dengan penderitaan mereka terombang-ambing selama berbulan-bulan di samudera demi menuju Jazirah Arab.

Melalui perusahaan pelayaran milik pemerintah Hindia Belanda, pemerintah kolonial menguras harta calon jemaah dengan memonopoli penjualan tiket pulang-pergi.

Dari cara tersebut, pemerintah koloial meraih keuntungan dari puluhan ribu jamaah yang berhaji setiap tahunnya.

Simak kisah selengkapnya dalam liputan episode Haji Tempo Dulu: Antara Ibadah dan Bisnis berikut ini.

Tim Liputan:

Executive Producer: Veronica Hervy

Produser: Meta Nurjan

Asprod: Retna Dario

Reporter: Lintang Dwi Pudjiastuti dan Ayu Puji Lestari

Grafis: Yubi Trisatria Putra

Penyunting Gambar: Didit Prasetyo

#Haji2020 #JemaahHaji #IbadahHaji

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:23
GUBERNUR JATENG MINTA PENGELOLA BIOSKOP TUNDA OPERASI JIKA BELUM SIAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT   PDAM TIRTA AMERTA BLORA BERHENTI SUPLAI AIR BERSIH KE 12.000 SAMBUNGAN RUMAH AKIBAT SUNGAI BENGAWAN SOLO MENGHITAM   PERKANTORAN SWASTA DI BIDANG JASA KEUANGAN DI TIPES, SOLO, DITUTUP SEMENTARA KARENA 13 PEGAWAI POSITIF KORONA   PEMBUKAAN KEMBALI TEMPAT WISATA AIR DI KLATEN, JATENG, DI TENGAH PANDEMI KORONA TUNGGU SK BUPATI   JASA MARGA TARGETKAN PENDAPATAN BISNIS NON-TOL SENILAI RP 268,5 MILIAR HINGGA AKHIR 2020   SATPOL PP JAKARTA PUSAT MENINDAK 2.078 PELANGGAR YANG TIDAK MENGGUNAKAN MASKER SELAMA PSBB TRANSISI   GUBERNUR SUMBAR ANCAM ASN YANG LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DIKURANGI TUNJANGANNYA & DITUNDA KENAIKAN PANGKATNYA   KEMENKOMINFO BERKOLABORASI DENGAN 108 ORGANISASI GUNA BERI LITERASI RUANG DIGITAL BAGI MASYARAKAT   KPK DALAMI PERAN MANTAN DIRUT PERCETAKAN NEGARA ISNU EDHI WIJAYA DALAM KASUS KTP-EL   TGPF INTAN JAYA AKAN SERAHKAN HASIL INVESTIGASI LAPANGAN KE MENKO POLHUKAM MAHFUD MD PADA RABU, 21 OKTOBER 2020   KONTRAS: ADA 158 PELANGGARAN TERHADAP KEBEBASAN SIPIL DALAM 1 TAHUN PERTAMA PEMERINTAHAN JOKOWI-MA'RUF   KOMISIONER KPU HASYIM ASY'ARI MINTA PERSONEL KPU-BAWASLU BEKERJA SESUAI TUGAS & WEWENANG, BUKAN LAMPAUI KEWENANGAN   PEMERINTAH: HINGGA 19 OKTOBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 4.092.595 SPESIMEN   HINGGA 19 OKTOBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 162.410 ORANG