Kompas TV regional berita daerah

Tugu Sidandang Jadi Incaran Pencuri Tembaga

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 10:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Jika di lihat dari depan, keberadaan Tugu Sidandang di Kawasan Purwosari, Mijen, Kota Semarang, seakan masih berdiri megah. Namun ternyata, Tugu Dandang yang terbuat dari tembaga asli ini telah berlobang besar, bekas di curi, dan hingga kini masih dibiarkan menganga.

Tugu Sidandang ini merupakan ikon Kelurahan Purwosasi, Mijen, Kota Semarang, yang sekaligus dibuat sebagai lokasi wisata dan panggung terbuka.

Namun sayangnya, tugu yang di bangun sejak Tahun 1996, di masa pemerintahan Wali Kota Soetrisno Suharto ini semakin tak terurus, bahkan dandang dari tembaga asli itupun tak luput dari incaran pencuri.

Selain kerusakan pada dandang, lokasi sekitar juga terlihat tak terawat banyak ditumbuhi semak belukar. Bahkan, bangunan panggung terbuka terlihat kumuh. Warga berharap, Pemerintah Kota Semarang peduli dan segera memperbaiki lokasi wisata Tugu Sidandang.

Nama Tugu Sidandang sendiri diambil dari mata air, yang lokasinya tidak jauh dari tempat tersebut, yang dulu menjadi andalan untuk mencukupi kebutuhan air bagi warga.

Sebagai bentuk penghargaan akan keberadaan mata air yang kini sudah kering, Pemerintah Kota Semarang kemudian membuat tugu berbentuk dandang, yang terbuat dari plat tembaga asli, namun sayangnya, kini kondisinya tak terurus.

#TuguSidandang #SoetrisnoSuharto #KotaSemarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x