Kompas TV regional berita daerah

Traktor Setan Dengan Teknologi Aeromodelling

Selasa, 28 Juli 2020 | 08:28 WIB

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Traktor Setan, beginilah istilah yang sering diungkapkan ketika melihat traktor milik Mustofa, warga Desa Sanggrahan, Kecamatan Kedu, Temanggung. Disebut Traktor Setan karena traktor tersebut bisa berjalan sendiri tanpa ada petaninya yang ada di belakang kemudi.

Sejatinya Traktor Setan tersebut juga dikemudikan oleh Mustofa, namun metode mengemudikannya berbeda dengan traktor lainnya. Dengan memanfaatkan teknologi aeromodelling, Mustofa bisa mengendalikan traktor dari jarak jauh.

Traktor tersebut dilengkapi dengan remote control yang dihubungkan dengan bagian kemudi traktor. Dengan modifikasi sederhana pada bagian kemudi, Mustofa bisa mengendalikan traktor dari jarak maksimal 600 meter.

Dengan penambahan teknologi tersebut tidak mengubah kegunaan dari traktor pada umumnya. Namun traktor tersebut memiliki beberapa keunggulan, diantaranya yakni menghemat tenaga dan menghemat waktu dalam proses membajak sawah.

Menurut Mustofa, perakitan Traktor Setan ini membutuhkan waktu sekitar 4 bulan, dengan menelan dana hingga 4 juta rupiah. Dirinya masih berupaya untuk lebih menyempurnakan lagi Traktor Setan tersebut.
 

Diharapkan  dengan keberadaan Traktor Setan ini bisa memudahkan petani untuk menggarap sawahnya sekaligus meningkatkan produktivitasnya.

 

#Traktor #Pertanian

Editor : KompasTV Pekalongan



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:54
SEBANYAK 11 PRAJURIT TNI KODIM 1603 SIKKA, NTT, TERKONFIRMASI POSITIF KORONA SETELAH PULANG PENDIDIKAN DARI BALI   BAPPENDA NTB: DALAM SEPEKAN, TERKUMPUL RP 42,16 JUTA DARI DENDA WARGA DAN ASN YANG TAK MENGGUNAKAN MASKER   PEMKAB SLEMAN, YOGYAKARTA, SIAPKAN RUSUNAWA GEMAWANG UNTUK ISOLASI PASIEN KORONA ASIMTOMATIK    SRI SULTAN HB X MINTA KABUPATEN/KOTA DI DIY TERAPKAN SANKSI SECARA KONSISTEN BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   BUPATI BERAU, KALTIM, H MUHARRAM, MENINGGAL DUNIA SETELAH 13 HARI DIRAWAT KARENA POSITIF KORONA   DINKES SEBUT KASUS COVID-19 DI KARAWANG, JAWA BARAT, DIDOMINASI OLEH KLASTER INDUSTRI   WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH: TEMPAT TIDUR RS RUJUKAN KORONA DI KOTA TANGERANG SUDAH TERISI LEBIH DARI 73%   PEMPROV BANTEN BERENCANA SIAPKAN 5 HEKTAR LAHAN MAKAM KHUSUS BAGI PASIEN KORONA YANG MENINGGAL   POLRI: 8 HARI OPERASI YUSTISI, DENDA YANG TERKUMPUL DARI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN MENCAPAI RP 924,17 JUTA   SATGAS COVID-19 MINTA SETIAP PERUSAHAAN RUTIN TES USAP KE KARYAWAN GUNA TEKAN ANGKA PENULARAN KLASTER PERKANTORAN   PP MUHAMMADIYAH MINTA ELITE PARPOL TAK MANFAATKAN PANDEMI KORONA SEBAGAI KOMODITAS POLITIK KEKUASAAN   BAWASLU: 50 KABUPATEN/KOTA PENYELENGGARA PILKADA MASUK KATEGORI RAWAN TINGGI DALAM ASPEK PANDEMI KORONA    BAWASLU MINTA SEMUA PIHAK BERKOMITMEN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN PADA SETIAP TAHAPAN PILKADA 2020   BAWASLU MINTA PIMPINAN PARPOL IKUT CEGAH KERUMUNAN MASSA PADA RANGKAIAN PILKADA 2020