Kompas TV regional berita daerah

Traktor Setan Dengan Teknologi Aeromodelling

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 08:28 WIB

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Traktor Setan, beginilah istilah yang sering diungkapkan ketika melihat traktor milik Mustofa, warga Desa Sanggrahan, Kecamatan Kedu, Temanggung. Disebut Traktor Setan karena traktor tersebut bisa berjalan sendiri tanpa ada petaninya yang ada di belakang kemudi.

Sejatinya Traktor Setan tersebut juga dikemudikan oleh Mustofa, namun metode mengemudikannya berbeda dengan traktor lainnya. Dengan memanfaatkan teknologi aeromodelling, Mustofa bisa mengendalikan traktor dari jarak jauh.

Traktor tersebut dilengkapi dengan remote control yang dihubungkan dengan bagian kemudi traktor. Dengan modifikasi sederhana pada bagian kemudi, Mustofa bisa mengendalikan traktor dari jarak maksimal 600 meter.

Dengan penambahan teknologi tersebut tidak mengubah kegunaan dari traktor pada umumnya. Namun traktor tersebut memiliki beberapa keunggulan, diantaranya yakni menghemat tenaga dan menghemat waktu dalam proses membajak sawah.

Menurut Mustofa, perakitan Traktor Setan ini membutuhkan waktu sekitar 4 bulan, dengan menelan dana hingga 4 juta rupiah. Dirinya masih berupaya untuk lebih menyempurnakan lagi Traktor Setan tersebut.
 

Diharapkan  dengan keberadaan Traktor Setan ini bisa memudahkan petani untuk menggarap sawahnya sekaligus meningkatkan produktivitasnya.

 

#Traktor #Pertanian



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.