Kompas TV regional sosial

Pemkot Tangsel Siapkan Perwal Mengatur Sejumlah Pelonggaran Pada Perpanjangan PSBB ke-8

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 08:22 WIB
pemkot-tangsel-siapkan-perwal-mengatur-sejumlah-pelonggaran-pada-perpanjangan-psbb-ke-8
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany ikut hadir di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Sumber: BNPB)
Penulis : Deni Muliya

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.TV - Pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid kedelapan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) tengah menyiapkan peraturan wali kota (Perwal) untuk mengatur sejumlah pelonggaran.

Baca Juga: Dimulai Hari Ini, PSBB di Wilayah Banten Diperpanjang hingga 8 Agustus

"Ada (beberapa pelonggaran). Ini yang sedang kita godok perwalnya," ujar Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany di Tangsel, Senin (27/7/2020).

Menurut Airin, terdapat beberapa kegiatan yang saat ini tengah dibahas apakah bisa kembali dilaksanakan pada masa PSBB jilid kedelapan. 

Salah satunya adalah penyelenggaraan kegiatan olahraga yang diajukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tangsel. Selain itu, ada pula permintaan untuk membuka kembali taman bermain dari Dinas Pariwisata. 

"Ini yang sedang dikaji. Kalaupun memang diperbolehkan, maka akan ada beberapa catatan regulasi aturan seperti apa," ungkapnya. 

Airin memastikan bahwa peraturan wali kota yang mengatur sejumlah pelonggaran pada PSBB akan segera terbit dalam waktu dekat. 

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Banten Wahidin Halim kembali memperpanjang masa PSBB di wilayah Tangerang Raya. 

Perpanjangan PSBB yang mencakup wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel ini akan berlangsung selama 14 hari, dari 26 Juli hingga 8 Agustus 2020. 

Keputusan itu diambil setelah adanya rapat evaluasi PSBB VI Wilayah Tangerang Raya (Sabtu, 25/7/2020). 

Baca Juga: KPU Serang Banten Pecat 20 Petugas Coklit Karena Tolak Rapid Tes

Sementara itu, ada lima kasus baru Covid-19 pada Senin. Dengan demikian, secara akumultaif jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Tangsel per Senin sebanyak 485 orang. 

Dari jumlah tersebut, 395 pasien di antaranya dinyatakan sembuh. 

Angka kesembuhan ini bertambah lima orang dari data terakhir pada Minggu (26/7/2020), yakni 390 orang. 
Sementara angka kematian akibat Covid-19 di Tangsel tidak ada penambahan atau tetap 37 orang. 

Saat ini, terdapat 53 pasien positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri. 

Sementara itu, jumlah kasus suspect yang masih aktif tercatat delapan orang, sedangkan kontak erat yang masih aktif berjumlah tiga orang. 

Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat menjadi satu-satunya wilayah di Tangsel yang sampai saat ini bebas dari kasus positif Covid-19. 

Di sisi lain, Kelurahan Pondok Betung dan Kelurahan Pamulang Timur, menjadi dua wilayah dengan kasus positif tertinggi di Tangsel, yakni 26 kasus positif Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x