Kompas TV nasional aiman

Dinasti Politik Tumbuh Subur di Indonesia ? - AIMAN (Bag 5)

Senin, 27 Juli 2020 | 22:48 WIB

Sempat terkena imbas pandemi korona, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 tetap dilaksanakan di akhir tahun ini, tepatnya pada 9 Desember 2020 mendatang. Putusan ini lantas mendapat banyak perhatian. Tak terkecuali para calon peserta kontestasi politik yang tak biasa, beberapa diantaranya berasal dari kerabat pejabat. 

Sebut saja diantaranya putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang akan mengikuti kontestasi di Pilkada Kota Solo, Siti Nur Azizah putri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilkada Kota Tangerang Selatan. Selain mereka, ada juga Hanindhito Himawan yang merupakan putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Ipuk Festiandani, istri dari Bupati Banyuwangi 2 Periode, Azwar Anas. 

Benarkah politik kerabat digunakan sebagai jalan pintas untuk menang? Apa keuntungan dan kerugiannya jika dinasti politik tumbuh subur di Indonesia? Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mendatangi salah satu bakal calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Rahayu Saraswati dan akan berbincang mengenai hal ini? Apa yang disampaikannya?  

Editor : Yudho Priambodo



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:16
KEMENKOP DAN UKM GENCARKAN PELATIHAN DI DAERAH PUSAT LAHIRNYA WIRAUSAHA MUDA   DUKUNG KETAHANAN PANGAN BERBASIS MASYARAKAT PESANTREN, DOMPET DHUAFA SIAPKAN 1.000 HEKTAR SAWAH IRIGASI   ERICK THOHIR HARAP IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 BISA DILAKSANAKAN MULAI FEBRUARI 2021   DUKUNG PEMULIHAN EKONOMI, MENTERI BUMN ERICK THOHIR DORONG PROGRAM DIGITALISASI RANTAI PASOK LOGISTIS   PT PUPUK INDONESIA SIAPKAN 775.704 TON PUPUK NONSUBSIDI UNTUK PENUHI KEBUTUHAN PETANI   ADA SEKOLAH YANG GELAR BELAJAR TATAP MUKA, GUBERNUR JATENG: KALAU BELUM IZIN, SAYA TUTUP   PT BIO FARMA PERKIRAKAN VAKSIN COVID-19 DIPRODUKSI FEBRUARI ATAU MARET 2021    PT BIO FARMA TARGETKAN 1.620 RELAWAN DISUNTIK VAKSIN COVID-19 HINGGA DESEMBER 2020   POLISI: ADA SEORANG SAKSI MENGAKU SEMPAT BERBICARA DENGAN PENEMBAK PENGUSAHA   POLISI TELAH PERIKSA 10 SAKSI TERKAIT PENEMBAKAN SEORANG PENGUSAHA DI ROYAL GADING SQUARE, JAKARTA UTARA   KEMENTERIAN PERDAGANGAN DORONG EKSPOR KOPI INDONESIA KE MEKSIKO   WEBINAR RISET PRAKTIS: SEBUAH PENGANTAR UNTUK KEPUTUSAN STRATEGIS. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN