Kompas TV entertainment lifestyle

5 Fenomena Psikologi dalam Kehidupan yang Tidak Kita Disadari

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 10:00 WIB
5-fenomena-psikologi-dalam-kehidupan-yang-tidak-kita-disadari
Ilustrasi kreatif inovatif (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Desy Hartini

Penulis: Elsa Anindya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada situasi-situasi yang kelihatannya biasa saja, tapi mengandung makna psikologis tertentu.

Hal-hal tersebut dikenal sebagai sebuah fenomena psikologi yang tidak kita sadari apalagi tahu sebutannya.

Oleh karena itu, yuk kenali apa saja fenomena-fenomena psikologi yang erat dengan kehidupan sehari-hari, tapi kita tidak menyadarinya.

Baca Juga: Mengapa Orang Percaya Ramalan Zodiak? Ternyata Ini 4 Alasannya...

1. Halo Effect (Efek Halo)

Efek Halo merupakan bias kognitif yang terjadi apabila kesan menyeluruh seseorang atau sesuatu didapat dari menggeneralisasi salah satu karakteristiknya.

Dengan kata lain, efek Halo terjadi ketika seseorang membuat penilaian tentang orang lain hanya berdasarkan salah satu sifat atau karakter yang biasanya ditunjukkan pada kesan pertama.

Fenomena ini cukup sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari tanpa disadari.

Misalnya ketika berkenalan dengan pegawai baru di kantor yang berpenampilan menarik dan rapi, otak kita akan langsung berpikir bahwa dia adalah orang yang baik hati dan kompeten. Padahal belum tentu benar demikian.

Karena bagaimana pun juga, penilaian tersebut merupakan penilaian secara sepintas tanpa kita mengenal lebih dekat karakteristik kepribadian dia yang sebenarnya.

Orang yang mengalami Efek Halo cenderung berperilaku mendukung penilaian yang telah mereka berikan kepada orang lain.

Jadi ketika seorang yang telah kita yakini memiliki sifat-sifat positif berbuat suatu kesalahan, kita tidak akan semerta-merta merubah pandangan kita terhadap orang tersebut, melainkan cenderung memakluminya. Inilah alasan mengapa membuat kesan pertama yang baik pada setiap orang itu penting.  

Baca Juga: Mengenal 'Dark Triad', Tipe Kepribadian yang Harus Diwaspadai!

2. Barnum Effect (Efek Barnum)

Apakah kalian termasuk penikmat kolom astrologi? Berarti bisa jadi kalian sedang mengalami yang namanya Efek Barnum!

Efek Barnum merupakan istilah psikologi untuk menyebut kondisi di mana orang memercayai deskripsi tentang diri mereka sendiri yang bersumber dari pengetahuan non-ilmiah (seperti astrologi, tarot, ramalan, dsb) yang dianggap terkhusus untuk diri mereka padahal deksripsi tersebut sifatnya umum dan berlaku untuk semua orang.

Contohnya saat kamu membaca karakteristik zodiak, lalu terdapat deskripsi seperti ini.

Capricorn: Seorang pasangan yang setia dan paling tidak suka dibohongi. 

Kamu yang berzodiak Capricorn pun setuju dengan hal tersebut dan merasa bahwa gambaran tentang Capricorn itu sangat tepat. Padahal tidak peduli apapun zodiakmu, tentu saja setiap orang dalam menjalin hubungan pasti berusaha setia dan gak suka dibohongin kan?

Efek Barnum ini banyak ditemui pada ramalan zodiak, penjabaran karakter seseorang berdasarkan golongan darah maupun tes-tes kepribadian yang tidak berakar dari penelitian ilmiah.

Baca Juga: Kokologi, Permainan Psikologi dari Jepang yang Bisa Ungkap Kepribadian

3. Bystander Effect (Efek Pengamat)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x