Kompas TV regional berita daerah

"Traktor Setan Alas", Inovasi Membajak Sawah Jarak Jauh

Kompas.tv - 27 Juli 2020, 14:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Seorang warga di Temanggung, Jawa Tengah, berinovasi dengan menciptakan traktor yang dapat dikendalikan jarak jauh. Alat ini dinamakan traktor setan alas dan menggunakan teknologi aeromodelling, untuk membantu petani membajak sawah lebih cepat dan hemat tenaga.

Alat yang dinamakan traktor setan alas ini, tentunya bukan karena melibatkan hal-hal yang mistis, meskipun bisa berjalan sendiri tanpa adanya petani di belakang kemudi. Traktor ini merupakan hasil inovasi dari Mustofa, seorang warga dari Desa Sanggrahan, Kecamatan Kedu, Temanggung. Sesungguhnya, traktor setan alas ini tidak benar-benar bisa bergerak sendiri. Akan tetapi, sang pemilik memanfaatkan teknologi aeromodelling untuk mengendalikan traktor dari jarak jauh.

Traktor ini dilengkapi dengan remote control, yang dihubungkan dengan bagian kemudi. Dengan modifikasi sederhana pada bagian kemudi, Mustofa bisa mengendalikan traktor dari jarak maksimal 600 meter.

Penambahan teknologi ini tidak mengubah kegunaan dari traktor pada umumnya. Justru, traktor setan alas ini memiliki sejumlah keunggulan, seperti hemat tenaga dan hemat waktu dalam proses membajak sawah.

Untuk memodifikasi traktor hingga teknologinya sesuai dengan yang diharapkan, dibutuhkan waktu selama empat bulan dan membutuhkan biaya hingga empat juta rupiah. 

Meski berhasil membuat inovasi baru bagi para petani, pemilik traktor setan ini tidak mau berpuas hati. Rencananya, ia akan menyempurnakan traktor agar bisa digunakan oleh banyak petani untuk memudahkan kerja mereka.

#TraktorSetanAlas #TeknologiAeromodelling #Temanggung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x