Kompas TV video cerita indonesia

Cara Tanning Arwana Super Red Agar Tampil Memesona

Kompas.tv - 27 Juli 2020, 08:00 WIB
cara-tanning-arwana-super-red-agar-tampil-memesona
Seekor ikan Arwana Super Red bernama Berry milik Ronald asal Cianjur memesona banyak pengunjung Kontes Super Red di Surabaya (Sumber: Ronald S (RDC Arowana))
Penulis : Agung Pribadi

Siapa yang pernah dengar nama ikan Arwana? Pasti udah tahu semuanya kan? Nah bagi yang belum dengar, ikan ini adalah spesies ikan air tawar dari keluarga Osteoglossidae yang telah ada sejak zaman kapur (zaman Crestaceous) sekitar 252 hingga 65 juta tahun yang lalu.

Populasinya berada di berbagai belahan dunia seperti Amerika Selatan, Asia, dan Afrika dengan bentuknya yang panjang, warna-warna khas dan memiliki sisik bak seekor naga, keren banget yah.

Ikan Arwana ada banyak jenisnya diantaranya adalahArwana Super Red yang banyak meraih hati penikmat ikan hias dari seluruh dunia

Dari keseluruhan jenis ikan lokal ini Arwana Super Red adalah yang memiliki kasta tertinggi. Dari segi tampilan aja ikan ini sudah cukup menyita perhatian kita. Pantaslah kalau ia juga mendapat apresiasi harga yang fantastik diluar sana.

Bila kita melihat warna merahnya yang cerah, matanya yang bulat besar, kumis serta sisiknya yang berkilauan bak seekor naga yang anggun ketika ia berenang, wow sudahlah pokoknya luar biasa deh keindahan mahluk ciptaan Allah ini.

Sebenarnya tidak sulit merawat ikan ini selama kita mudah membuatnya beradaptasi, menjaga makanan dan kebersihan tempat tinggalnya atau memperhatikan hal lainnya seperti jumlah ikan dan pencahayaan aquarium

Dari segi pakan juga tergolong mudah didapat di negara ini, seperti ikan kecil, cacing, jangkrik, kodok, cecak atau kelabang tergantung juga pada usia dan besarnya.

Nah untuk arwana super red gimana sih kok bisa ada yang warnanya semerah itu? Apa mereka keseringan dijemur dibawah sinar matahari gitu? macam tentara yang kedapatan melanggar aturan ya?

Hehe.. Tentu saja tidak. Caranya adalah dengan Tanning, Apa sih Tanning Arwana itu? Tanning adalah sebuah metode untuk mengubah warna kulit ikan Arwana dari warna asli, menjadi lebih kemerahan.

Caranya yaitu ikan Arwana Super Red terlebih dulu dipisahkan dari kolam lalu dimasukan kedalam aquarium dengan kedalaman air tertentu, biasanya sesuai dengan ukuran panjang dan lebar lampu tanning yang digunakan,

Ini dimaksudkan agar hasil tanning lebih optimal dan dianggap lebih aman untuk kesehatan ikan, terutama terhindar dari penyakit Drop Eyes (DE) pada ikan Arwana Super Red

Lampu tanning yang digunakan biasanya dalam satu box terdiri dari 4 buah bohlam dengan panjang 1-1.20 meter. Jenis lampu yang dipergunakan untuk tanning biasanya para peternak ikan Arwana menggunakan lampu neon panjang yang berwarna kuning.

Ukuran Ikan yang akan di tanning juga gak sembarang lho, biasanya dipilih yang berukuran minimal 20 cm dengan warna dasar putih atau polos.

Sebelum tanning ikan ini juga dibiarkan beradaptasi dulu dengan aquarium selama kurang lebih dua hari. Kemudian dalam menyalakan lampu tanning juga musti bertahap, biar ikannya gak kaget, tunggu beberapa menit kemudian nyalakan satu persatu hingga semua lampu menyala

Satu lagi nih biar gak lupa, soal makanan yang diberikan selama tanning juga wajib kita jaga dan perhatikan guys, jangan sampe lupa kasih makan, sebab selama pelihara ikan arwana kan, kita kan gak punya pilihan antara pertumbuhan dan warna, dua-duanya musti jalan beriringan bukan?   



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x