Kompas TV video cerita indonesia

Info Corona Berubah Terus Hingga Dicurigai Konspirasi, Ini Kata Dokter

Kompas.tv - 26 Juli 2020, 14:53 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang dokter penyakit dalam, Dokter Dirga Rambe memberikan penjelasan mengenai sering berubah-ubahnya informasi mengenai virus corona (Covid-19).

"Saya paham ini pasti membingungkan, tapi jawabannya adalah karena penyakit ini seratus persen baru, jadi infonya selalu di-update," ujar dokter Dirga kepada Kompas.tv.

Hal ini menjawab kebingungan masyarakat mengenai virus corona yang selalu berubah. Beberapa info yang berubah adalah tentang penggunaan masker.

Baca Juga: Anji Sebut Foto Jenazah Covid-19 Settingan, Jurnalis Hingga Dokter Bereaksi - POLLING #17

Di awal virus corona muncul, Menkes Terawan sempat menyatakan bahwa yan wajib menggunakan masker adalah hanya orang sakit. Namun kini, semua orang diwajibkan menggunakan masker.

Selain itu, mengenai penyebaran virus corona. Di awal pandemi, WHO menyatakan bahwa virus corona tidak menyebar di udara, namu belakang WHO merilis data bahwa virus corona bisa bertahan di udara atau yang disebut airborne.

Dokter Dirga menyebut, perubahan informasi itu menjadi sesuatu yang lumrah dalam dunia ilmu pengetahuan atas suatu penyakit yang baru. Untuk itu, dokter Dirga meminta masyarakat untuk tidak malas memperbarui informasi seputar covid-19 dari ahlinya.

Baca Juga: Alumni ITS Ciptakan Aplikasi Tracing Corona Seperti Milik Korsel dan Eropa

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x