Kompas TV TALKSHOW polling

Anji Sebut Foto Jenazah Covid-19 Settingan, Jurnalis Hingga Dokter Bereaksi - POLLING #17

Minggu, 26 Juli 2020 | 13:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pekan ini netizen Indonesia ribut-ribut dalam perdebatan mengenai viralnya foto seorang fotografer Indonesia, Joshua Irwandi yang menampilkan gambar jenazah Covid-19 di rumah sakit.

Dalam captionnya, Joshua menyebutkan bahwa foto tersebut ia ambil untuk majalah National Geographic.

Perdebatan ini muncul setelah seleb influencer Indonesia, Anji, mem-posting ulang foto milik Joshua tersebut dengan caption yang berbeda.

Baca Juga: Anji Beri Klarifikasi dan Sampaikan Maaf Soal Komentarnya Terkait Foto Jenazah Corona

Netizen pun terpecah dengan pendapatnya masing-masing. Bahkan, organisasi Pewarta Foto Indonesia sampai mengeluarkan surat teguran kepada Anji mengenai masalah ini. Menurut Ketua PFI, Reno Esnir, postingan Anji yang mempertanyakan foto karya Joshua itu telah mencederai profesi para jurnalis foto di Indonesia.

Selain Reno, seorang fotografer Indonesia, Muhammad Fadli juga menyayangkan sikap publik yang meragukan sebuah karya jurnalistik. Fadli yang juga sering mendapatkan tugas dari National Geographic buka suara bagaimana prosedur pengambilan foto yang dilakukan untuk tulisan di majalah dokumenter tersebut.

Baca Juga: Buka-bukaan Menristek RI Soal Vaksin dan Alat Tes Covid-19 di Indonesia - POLLING #16

Selain jurnalis dan fotografer, dokter pun ikut bersuara terkait adanya pernyataan Anji yang menyatakan, "Saya percaya cvd (baca: Covid-19) itu ada. Tapi saya tidak percaya bahwa cvd semengerikan itu."

Ketiganya berbicara kepada Laura Elvina dalam program Polling KompasTV.

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:34
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO