Kompas TV TALKSHOW polling

Anji Sebut Foto Jenazah Covid-19 Settingan, Jurnalis Hingga Dokter Bereaksi - POLLING #17

Kompas.tv - 26 Juli 2020, 13:17 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pekan ini netizen Indonesia ribut-ribut dalam perdebatan mengenai viralnya foto seorang fotografer Indonesia, Joshua Irwandi yang menampilkan gambar jenazah Covid-19 di rumah sakit.

Dalam captionnya, Joshua menyebutkan bahwa foto tersebut ia ambil untuk majalah National Geographic.

Perdebatan ini muncul setelah seleb influencer Indonesia, Anji, mem-posting ulang foto milik Joshua tersebut dengan caption yang berbeda.

Baca Juga: Anji Beri Klarifikasi dan Sampaikan Maaf Soal Komentarnya Terkait Foto Jenazah Corona

Netizen pun terpecah dengan pendapatnya masing-masing. Bahkan, organisasi Pewarta Foto Indonesia sampai mengeluarkan surat teguran kepada Anji mengenai masalah ini. Menurut Ketua PFI, Reno Esnir, postingan Anji yang mempertanyakan foto karya Joshua itu telah mencederai profesi para jurnalis foto di Indonesia.

Selain Reno, seorang fotografer Indonesia, Muhammad Fadli juga menyayangkan sikap publik yang meragukan sebuah karya jurnalistik. Fadli yang juga sering mendapatkan tugas dari National Geographic buka suara bagaimana prosedur pengambilan foto yang dilakukan untuk tulisan di majalah dokumenter tersebut.

Baca Juga: Buka-bukaan Menristek RI Soal Vaksin dan Alat Tes Covid-19 di Indonesia - POLLING #16

Selain jurnalis dan fotografer, dokter pun ikut bersuara terkait adanya pernyataan Anji yang menyatakan, "Saya percaya cvd (baca: Covid-19) itu ada. Tapi saya tidak percaya bahwa cvd semengerikan itu."

Ketiganya berbicara kepada Laura Elvina dalam program Polling KompasTV.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x