Kompas TV internasional kompas dunia

Selain AS, Australia Tolak Klaim China atas Laut China Selatan

Kompas.tv - 25 Juli 2020, 15:28 WIB
selain-as-australia-tolak-klaim-china-atas-laut-china-selatan
Suasana di Laut China Selatan. (Sumber: AP)
Penulis : Haryo Jati

CANBERRA, KOMPAS.TV - Mengikuti langkah Amerika Serikat (AS), Australia turut menolak klaim China atas Laut China Selatan.

Australia menegaskan tak ada dasar hukum terkait klaim territorial China di Laut China Selatan.

Pernyataan Australia tersebut diungkapkan lewat deklarasi pada PBB, Kamis (23/7/2020) waktu setempat.

“Tak ada dasar hukum dari China untuk membuat garis batas yang menghubukan titik terluar dari fitur kelautan atau gugus pulau di Laut China Selatan, termasuk di sekitar empat kepulauan, atau wilayah terluar,” bunyi pernyataan itu dikutip dari Daily Mail.

“Australia juga menolak klaim atas perairan internal, Laut Teritorial, Zona Ekonomi Eksklusif dan Kontinental hanya berdasarkan garis batas lurus” lanjutnya.

Australia juga menolak klaim China untuk Zona Maritim yang dihasilkan oleh fitur terendam, atau ketinggian air surut dengan cara yang tidak sesuai dengan Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS).

Australia menegaskan posisinya jelang pertemuan antara Menteri Luar Negeri, Marisa Payne dengan Menter Pertahanan, Linda Reynold dengan Menlu AS, Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan AS, Mark Esper.

Pertemuan tersebut merupakan Konsultasi Hubungan Antarkementerian Australia dan AS (Ausmin) 2020.

Penolakan tersebut jelas membuat hubungan diplomatik Australia dengan China memanas, seperti hubungan China dengan AS.

Deklarasi Australia itu didasari dari keberatan dan keluhan yang dilakukan Filipina, Vietnam dan Malaysia terkait aktivitas China di Laut China Selatan.

China sendiri mengklaim Laut China Selatan berdasarkan sejarah yang mereka miliki, dan mulai membangun pulau buatan di sana.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x