Kompas TV regional berita daerah

Warga Protes Pembakaran Limbah Medis Covid-19

Sabtu, 25 Juli 2020 | 10:35 WIB

Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV – Warga, yang berada di sekitar Rumah Sakit dr. Haryoto Lumajang Jawa Timur, mengeluhkan bau tak sedap dari pembakaran limbah medis Covid-19. Selain bau, pembakaran juga mengeluarkan asap hitam dari mesin pembakar sampah medis.

Warga Kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang hampir setiap hari melihat pemandangan asap hitam yang keluar dari mesin incinerator atau alat pembakar sampah medis. Warga juga merasakan bau tak sedap saat proses pembakaran tersebut berlangsung.

Ketua RT 5 Kelurahan Tompokersan, Safar mengaku pemandangan seperti ini terlihat hampir setiap hari selama pandemi. Karena limbah medis yang dibakar tersebut adalah limbah medis Covid-19.

Kabag Umum RSUD dr. Haryoto Lumajang, Agus Wahyudi membenarkan jika asap hitam tersebut keluar dari  mesin incinerator rumah sakit, yang membakar limbah medis Covid-19.

Namun demikian, pihak rumah sakit memastikan asap yang keluar dari mesin tersebut aman bagi warga. Karena pihak rumah sakit sudah melakukan uji emisi laboratorium lingkungan hidup. Bahkan pengoperasian mesin tersebut telah mendapatkan izin dari instansi terkait.

#LimbahMedis #Covid19 #Lumajang

 

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x