Kompas TV nasional update corona

Pemerintah Beberkan Penyebab Kasus Positif Covid-19 yang Terus Naik

Kompas.tv - 25 Juli 2020, 06:00 WIB
pemerintah-beberkan-penyebab-kasus-positif-covid-19-yang-terus-naik
Ketua Tim Pakar GTPPC-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional, BNPB, Jakarta, Selasa (14/7). (Sumber: BNPB)
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memaparkan penyebab kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau virus Corona terus bertambah.

Menurut Wiku, kondisi tersebut disebabkan oleh perubahan perilaku masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan belum maksimal.

Wiku menganggap bahwa sebagian masyarakat belum menyesuaikan diri dengan era kenormalan baru.

Baca Juga: Sekretariat Presiden Yakin Wakil Wali Kota Solo Purnomo Terpapar Covid-19 di Luar Istana

"Buktinya kasusnya kok naik terus. Pasti kalau kasus masih naik, perubahan perilaku masyarakat belum terjadi secara maksimal," ujar Wiku dalam talkshow yang digelar dari oleh Satgas Penanganan Covid-19, dilansir dari kompas.com, Jumat (24/7/2020).

Menurut Wiku, ada tiga tahapan sikap masyarakat selama pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pertama, ketika orang mengetahui penyakit Covid-19 dan cara penularannya. Kedua, orang memahami Covid-19 beserta cara penularan dan cara pencegahan. Ketiga, orang yang melakukan pencegahan agar penyakit itu tak menular pada dirinya.

"Padahal yang kita cari itu yang melakukan. Kalau kita sudah melakukan apa yang kita ketahui dan pahami itu baru benar," tegas Wiku.

Sementara, menurut Wiku, yang lebih penting, tindakan tersebut harus dijadikan solidaritas dan gotong royong di tengah masyarakat.

Baca Juga: Profil Wiku Adisasmito, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Pengganti Achmad Yurianto

"Menurut saya, selama empat bulan ini sebagian masyarakat sudah melakukan protokol kesehatan. Tapi masih banyak yang belum. Kalau sudah banyak yang melakukan, laju kasus positif seharusnya bisa direm," tutur Wiku.

Wiku menyampaikan bahwa bila hanya sebagian saja masyarakat yang mengetahui dan melakukannya, itu tidaklah cukup.

"Jika hanya sebagian saja masyarakat tahu dan melakukan itu tidak cukup. Sebanyak 50 persen saja juga tak cukup. Dan mungkin karena pandemi sudah begitu lama, masyarakat mungkin lengah," tambahnya.

#Covid19 #Corona #WikuAdisasmito



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.