Kompas TV regional berita daerah

RSUZA Terapkan Tes Cepat Molukuler

Kompas.tv - 24 Juli 2020, 18:37 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV- Rumah Sakit Umum Dokter Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh mulai menggunakan tes cepat molukuler untuk deteksi covid 19, Jumat (24/07/2020).

RSUZA Banda Aceh sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien covid 19 di Aceh menggunakan tes cepat molukuler. Dengan alat tersebut tim medis dapat mengetahui pasien terinfeksi covid 19 atau tidak dalam waktu 45 menit.

Hal tersebut di sampaikan oleh direktur Rumah Sakit Umum Dokter Zainoel Abidin Banda Aceh, Dr.dr.Azharuddin,Sp.OT. K-Spine, FICS menjawab pertanyaan masyarakat, mengapa seseorang yang di curigai positif covid, dalam hitungan menit langsung dapat diketahui pasien yang bersangkutan positif covid atau tidak.

Baca Juga: Keluarga Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid

Padahal yang diketahui pubik, hasil test swab pasien yang dicurigai positif covid 19 baru dapat diketahu minimal dua hari setelah pasien di ambil swab.

Azharuddin menambahkan, tes cepat molukuler tersebut, akurasinya sama dengan pemeriksaan real time polymerase chain reaction atau test PCR.

Namun dengan pemeriksaan molekuler hasilnya dapat diketahui lebih cepat dalam waktu 45 menit. Sehingga tim medis dapat mengetahui pasien terinfeksi covid 19 atau tidak.

“Tes molukuler ini juga melindungi tenaga medis dan keluarga pasien karena sebelum  menangani pasien yang di curagai covid 19, sudah di ketahu status pasien tersebut/ positif covid atau tidak,” Jelas dr Azharuddin.  

Dr Azharuddin juga meminta publik khususnya keluarga pasien yang datang kerumah sakit dan dicurigai sebagai pasien dengan gejala covid 19 untuk tidak menyepelekan penyakit tersebut karena membahayakan jiwa yang lain baik tenaga medis maupun pasien lain.

Kepada keluarga pasien yang membawa paksa jenazah covid 19, Azharuddin juga mengingatkan bahwa keluarga pasien juga resiko besar terinfeksi virus corona.

#aceh #tescepatcovid19 #molukuler



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x