Kompas TV regional berita daerah

Luar Biasa, Rutan di Kabupaten Pinrang ini Punya Segudang Inovasi

Kompas.tv - 24 Juli 2020, 13:29 WIB
luar-biasa-rutan-di-kabupaten-pinrang-ini-punya-segudang-inovasi
Kanwilkumham : Menuju WBBM Itu tidak boleh ada Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (Sumber: HUMAS KEMENKUMHAM SULSEL)
Penulis : KompasTV Makassar

PINRANG, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan Harun Sulianto, Kunjungi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang, Jumat (24/07/2020). Kunjungannya untuk melakukan pembinaan dan monitoring terhadap kesiapan satker tersebut dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang, pada tahun 2019 telah memperoleh penghargaan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Hal ini diapresiasi oleh Kepala Kantor Wilayah. 

Harun mengatakan menuju WBBM Itu tidak boleh ada Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) dan adanya peningkatan pelayanan publik. “Untuk itu segera terapkan inovasi yg telah dibuat , agar pelayanan publiknya lebih cepat, mudah, transparan, efisien dan efektif dari yang ada saat ini.

Kepala Rutan Pinrang Ali Imran, mengatakan bahwa pihaknya telah menciptakan 25 inovasi, yakni:
 One Touch Click Rutan Pinrang (OTC RUANG), yaitu aplikasi layanan online Rutan pinrang yang terdiri 6 item , serta program I Care You (ICU), merupakan layanan konseling WBP dengan keluarganya.
adapula program Layanan Kesehatan Satu Jam (LAKESJAM), yaitu layanan kesehatan yang dikhususkan kepada pengunjung, Pos Bantuan Hukum (SITULUNG) Layanan hukum yang diberikan berupa layanan litigasi dan non litigasi secara gratis, Anjungan Pembinaan dan Informasi (APA INI) dengan layanan penyedia informasi dan pembinaan bagi Warga Binaan. 

di rutan ini juga di buat Pintu Elektrik, yakni pintu yang hanya bisa diakses oleh Petugas Rutan Pinrang menggunakan finger scanner.
tak hanya pengamanan di rutan ini juga di siapkan Gerobak Baca Keliling (BACAKI) di dalam blok hunian. 

untuk menyajikan layanan hiburan dan informasi bagi warga binaan juga disiapkan Rutan Pinrang TV (RUANG TV) dengan layanan penyediaan informasi melalui channel youtube.

tak hanya itu Galeri Rutan Pinrang (G-RUANG) menjadi layanan penyediaan tempat bagi hasil-hasil karya WBP. adapula E-PAS CARD dengan layanan kemudahan berbelanja bagi Warga Binaan di Rutan Pinrang menggunakan kartu khusus.

Kunjungan Online (SIRUNTUKI) juga disiapkan untuk layanan kunjungan yang disiapkan bagi Warga binaan secara daring (online).
tak hanya itu, Call Center 24 Jam (HALO RUANG) merupakan layanan informasi yang disiapkan untuk masyarakat selama 24 Jam baik melalui telepon, sms, maupun Whatsapp di call center 082343500600.

tak sampai disitu, rutan ini juga menerapkan program Kegiatan Kerja (KEKER) dengan layanan pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan. adapula Silalidu, yakni layanan online yang meliputi sidang perkara online, kunjungan online dan sidang TPP online.
ad ajuga Ruang Berbagi, kegiatan sosial yang dilakukan rutin 1 kali dalam sebulan. di ranah digital, program Siap Ruang berbentuk Aplikasi khusus untuk Pengamanan terkait adminsitrasi pengamanan.


di tengah tantangan menuju WBBM, program Matarah jadi kegiatan keagamaan yang dikhususkan kepada WBP yang tergabung dalam anggota Majelis taklim Al Maghfirah
dalam program spritual, Hizan jadi program pembinaan keagamaan khusus WBP berupa kegiatan Hafalan Quran
program Bili'Ku jadi Inovasi layanan dengan penyediaan ruang kunjungan yang memenuhi standar protokoler kesehatan terutama di tengah pandemi Covid-19.


tak hanya itu, di rutan ini pula disiapkan program Sisewai,yakni aplikasi Absensi Pegawai secara online menggunakan barcode.
untuk layanan media, Mc-RUANG jadi media center publikasi dan dokumentasi. 
di sisi kesehatan, Sisehat jadi Aplikasi layanan kesehatan menggunakan barcode pada kartu Kontrol WBP yang jadi inovasi unggulan.

bekerjasama dengan Cinta Quran Foundation, Baroqah jadi program Pembinaan keagamaan berupa belajar baca Quran dengan pembelajaran online

bagi pengguna narkoba, Resintel Community jadi Kimunitas Rehab bagi kasus pengguna narkoba
dari sisi pengembangan bakat seni, Sanggar Seni RUANGjadi komunitas kesenian beruapa musik, film, dan visualisasi puisi.

#rutanPinrang
#kanwilkumham
#HarunSulianto

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x