Kompas TV regional berita daerah

Petugas BKSD Selidiki Penyebab Kematian Paus Biru

Jumat, 24 Juli 2020 | 09:01 WIB

KUPANG, KOMPAS.TV - Bangkai paus biru yang terdampar di pesisir Pantai, Nunhila, berhasil dikuburkan, di pesisir pantai desa Lifuleo kecamatan Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dua alat berat dikerahkan, untuk menarik bangkai paus biru dari pesisir pantai, ke lubang seluas 5 kali 30 meter ini.

Dibutuhkan waktu 6 jam bagi petugas BKSDA NTT, dan PLTU Timor 1, dalam proses pemindahan bangakai paus, dari pesisir Pantai Nun Hila kota Kupang, ke Pantai Pulau Semau.

Sebelum paus dikuburkan, tim dokter BKSDA Nusa Tenggara Timur, dan mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Nusa Cendana, mengambil sampel daging dan kulit bangkai paus. 

Sampel diambil untuk meneliti penyebab kematian paus di pesisir desa Lifuleo, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya, Paus biru berukuran sekitar 23 meter yang mati terdampar di Pantai Nunhila, Kupang, Nusa Tenggara Timur, terseret gelombang. Petugas kini berupaya menariknya, agar bisa dikuburkan di daratan terdekat.

Penampakan paus biru yang mati terdampar di Pesisir Pantai Nunhila, Kota Kupang, berukuran sekitar 23 meter yang belum sempat dievakuasi pada Selasa malam kemarin (21,07,2020), kembali terseret arus di Desa Bolok, Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Pagi tadi (22,07,2020), tim gabungan pihak Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional NTT, bersama Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT mempersiapkan tim penyelam untuk memindahkannya.
 

Penulis : Merlion Gusti





BERITA LAINNYA


Kesehatan

Awas Diet Ekstrem Merajelela

Sabtu, 10 April 2021 | 18:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:30
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI