Kompas TV klik360 cerita indonesia

[FULL] Pidato Presiden Saat Meluncurkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Kamis, 23 Juli 2020 | 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat Peluncuran Program Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Negara pada Kamis, 23 Juli 2020.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut, kondisi ekonomi global diperkirakan semakin memburuk.

“Gambaran apa yang ingin saya sampaikan, bahwa setiap selalu berubah-ubah. Sangat dinamis, dan posisinya tidak semakin mudah, tetapi semakin sulit. Minus 2,5 ganti sebulan berikutnya -5%, satu bulan berikutnya ganti -6 sampai -7,6 %”, ungkap Jokowi (23/7/2020).

Jokowi menekankan, pada kuartal kedua ini, Indonesia juga akan mengalami pertumbuhan minus. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan-pembatasan yang dilakukan selama PSBB.

“Kita di Indonesia di kuartal pertama masih plus. Sebelumnya kita plus 5. Kuartal pertama di 2020 masih plus 2,97%. Tapi di kuartal kedua kita kita sudah akan jatuh minus. Kita harus ngomong apa adanya” ujar Jokowi (23/7/2020).

Baca Juga: Jokowi Sebut, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal Kedua Akan Minus

Meski demikian, belakangan geliat ekonomi Indonesia mulai terlihat. Konsumsi rumah tangga terus meningkat.

Tak hanya itu, ekspor Indonesia pun juga dinilai telah menunjukkan trend yang positif.

“Saya senang, sudah ada angka-angka yang baik. Konsumsi sudah mulai terungkit naik. Artinya peredaran uang yang ada di bawah karena ada BLT desa, bansos tunai, bansos sembako, itu akan sangat mempengaruhi daya beli dan konsumsi masyarakat”katanya.

“saya juga melihat, aktivitas ekspor juga trendnya naik dibanding bulan Mei, dibanding bulan Juni. Momentum-momentum ini juga baik. Momentum-momentum ini jangan kita lewatkan” ujar jokowi.

Penulis : Abdur Rahim





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:09
SUDIN LINGKUNGAN HIDUP DKI: AKUMULASI SAMPAH DI JAKARTA NAIK SEBELUM LEBARAN 2021   BNPB: 5 KABUPATEN DI 4 PROVINSI TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR DI HARI PERTAMA LEBARAN   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN UJI KELAYAKAN FUNGSI JALAN TOL SERANG-PANIMBANG PADA BULAN JUNI   KEMENDIKBUD RISTEK PASTIKAN SEKOLAH MENJADI PRIORITAS KONEKSI INTERNET   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: PELARANGAN MUDIK ADALAH KEPUTUSAN TERBAIK UNTUK CEGAH PENYEBARAN COVID-19   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: FORKOPIMDA DKI LAKUKAN DUA LAPIS PENYEKATAN ARUS BALIK MUDIK   GUBERNUR ANIES BASWEDAN INSTRUKSIKAN CAMAT DAN LURAH DI DKI JAKARTA PROAKTIF DATA WARGA YANG IKUT ARUS BALIK MUDIK   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN RAPAT KOORDINASI DENGAN KAPOLDA METRO JAYA DAN PANGDAM JAYA BAHAS ARUS BALIK LEBARAN   PEMPROV SULAWESI TENGGARA TUTUP TEMPAT WISATA SELAMA LIBUR LEBARAN PADA 13-17 MEI   PEMPROV JAWA TIMUR CATAT 8.188 PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) SUDAH TIBA DI WILAYAHNYA   PENUMPANG KRL MENUMPUK DI MANGGARAI, MENHUB BUDI KARYA SUMADI NILAI PT KERETA COMMUTER INDONESIA TIDAK PROFESIONAL   PENGAMAT TERORISME STANISLAUS RIYANTA SEBUT KKB DI PAPUA SERING GUNAKAN MASYARAKAT SEBAGAI TAMENG DAN KORBAN   PENGAMAT TERORISME STANISLAUS RIYANTA: PENANGANAN KONFLIK DENGAN KKB PERLU HATI-HATI   KOMANDAN KKB LESMIN WAKER TEWAS DALAM KONTAK SENJATA DENGAN TNI-POLRI DI DISTRIK ILAGA, PUNCAK, PAPUA