Kompas TV nasional sapa indonesia

Hasil Survei Charta Politika: 67,2 Persen Warga Puas akan Kinerja Pemerintah

Kamis, 23 Juli 2020 | 09:41 WIB

KOMPAS.TV - Hasil survei charta politika menunjukkan masyarakat cukup puas terhadap kinerja pemerintah Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Bahkan kepuasan di bulan Juli ini meningkat dibandingkan bulan lalu.

Survei dilakukan melalui wawancara telepon dengan metode simple random sampling.

Survei dilakukan pada 2.000 responden yang tersebar di seluruh wilayah indonesia pada 6 hingga 12 Juli.

Margin of eror mencapai 2,19 persen.

Direktur eksekutif charta politika, Yunarto Wijaya mengatakan terjadi tren peningkatan kepuasan kinjera pemerintahan pusat yakni mencapai 67,2 persen sementara yang menyatakan tidak puas sebanyak 30,1 persen.

Survei charta politika juga merilis bagaimana penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Indonesia.

Sebanyak 65,3 persen responden menyatakan pemerintah terbuka tentang keadaan covid-19, dan masih ada 31,9 persen responden yang menyatakan pemerintah tidak terbuka tentang keadaan Covid-19.

Sementara itu lebih banyak responden menilai penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sudah sesuai mengikuti saran para ahli yakni sebanyak 56,2 persen.

Namun ada lebih dari 32,3 persen responden yang menyatakan penanganan pandemi tidak mengikuti berdasarkan saran para ahli.

Survei juga mempertanyakan kepada responden apakah optimis atau tidak optimis akan kondisi ekonomi indonesia selama satu tahun ke depan.

Hasilnya, lebih banyak responden yang menyatakan optimis terhadap kondisi ekonomi Indonesia setahun ke depan yakni sebanyak 49,0 persen.

Sementara jawaban responden tidak optimis sebanyak 28,3 persen.

Sementara yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 22,8 persen.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:21
BANGUN 23 TITIK SUPER WIFI DI LABUAN BAJO, MENKOMINFO JOHNNY G PLATE SEBUT JANGKAUANNYA MENCAPAI RADIUS 500 METER   JAKSA AKUI MASIH SELIDIKI BERKAS PERKARA KASUS DUGAAN SUAP PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA   KEMNAKER OPTIMISTIS “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA AKAN MENGHADIRKAN PERLINDUNGAN LEBIH BAGI PARA PEKERJA   KONFEDERASI PERSATUAN BURUH INDONESIA MINTA PRESIDEN JOKOWI MENGHENTIKAN PEMBAHASAN OMNIBUS LAW RUU CIPTA KERJA   KOMISI X DPR SEBUT KLASTER PENDIDIKAN DITARIK DARI RUU CIPTA KERJA KARENA BANYAK PENOLAKAN DARI BERBAGAI PIHAK   BADAN ANGGARAN DPR SEPAKAT RAPBN 2021 DIBAWA KE SIDANG PARIPURNA   KEMENPAREKRAF SIAPKAN SEJUMLAH STRATEGI PENANGANAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL DI SEKTOR PARIWISATA   KOMISIONER KPU IMBAU SEMUA PIHAK YANG TERLIBAT PILKADA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   KAMPANYE PILKADA AKAN DIMULAI 26 SEPTEMBER 2020 DAN BERAKHIR PADA 5 DESEMBER 2020   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: 208 TEMPAT USAHA DI JAKARTA DITUTUP SEMENTARA KARENA LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN    PEMPROV DKI JAKARTA AKAN LIBATKAN 26 RUMAH SAKIT SWASTA MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PENANGGULANGAN COVID-19   MENTERI PPPA MINTA MASYARAKAT TETAP GUNAKAN MASKER DI RUMAH UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA   MENTERI PPPA SEBUT PIHAKNYA TENGAH MENYUSUN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI LINGKUP KELUARGA   MENTERI AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH TENGAH MERANCANG PERPRES & PETA JALAN TERKAIT DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19