Kompas TV regional sosial

Murid Disabilitas Terima Penghargaan dari KPAI karena Aktif Kampanyekan Pencegahan Covid-19

Kompas.tv - 23 Juli 2020, 05:00 WIB
murid-disabilitas-terima-penghargaan-dari-kpai-karena-aktif-kampanyekan-pencegahan-covid-19
Siswa SLB mendapat penghargaan dari KPAI. (Sumber: Dok.Pribadi)
Penulis : Tito Dirhantoro

MATARAM, KOMPAS TV - Murid disabilitas asal Mataram terima penghargaan KPAI atas keterlibatan aktifnya dalam kampanye pencegahan Covid-19

Bulqia, murid di salah satu Sekolah Luar Biasa di Mataram menerima penghargaan “Anugerah KPAI Tahun 2020” dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Penghargaan tersebut diberikan atas keterlibatannya dalam Kampanye Pencegahan Covid-19. Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2020 yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Baca Juga: Sekolah di Tengah Pandemi, KPAI: Seharusnya Ada Penyederhanaan Kurikulum

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Dewi Mardiana Ariany, mengatakan penghargaan itu diberikan kepada murid yang memiliki kepedulian dan aktif mensosialisaikan pencegahan Covid-19, seperti yang dilakukan Bulqia.

“Pandemi Covid-19 merupakan bencana nasional, sehingga membutuhkan keterlibatan semua pihak untuk mencegah penyebaran yang semakin luas,” kata Dewi melalui keterangan resminya pada Rabu (22/7/2020).

“Salah satu kelompok masyarakat yang dapat berperan dalam pencegahan ini adalah kelompok anak, kaum muda, dan murid. Bulqia, adalah satu contoh murid yang punya inisiatif baik dalam melakukan pencegahan COVID-19 kepada rekan-rekan sebayanya.”

Dewi menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19, penyandang disabilitas dihadapkan dengan berbagai hambatan untuk akses ke informasi dan fasilitas kebersihan dan sanitasi. 

Baca Juga: Tekan Penyebaran Covid -19, Kampus UNG Akan Di Lock Down

Tak hanya itu, wabah tersebut juga semakin memperburuk hambatan dan stigma yang selama ini mereka hadapi. 

“Keterlibatan penyandang disabilitas sangat perlu untuk memastikan semua kebutuhan terakomodir dan untuk mematahkan stigma negatif terkait penyandang disabilitas,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x