Kompas TV nasional politik

Survei Menteri Berkinerja Terbaik: 44,4 Persen Tidak Jawab, 1,7 Persen Pilih Susi Pudjiastuti

Kompas.tv - 22 Juli 2020, 22:41 WIB
survei-menteri-berkinerja-terbaik-44-4-persen-tidak-jawab-1-7-persen-pilih-susi-pudjiastuti
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memberikan semangat kepada masyarakat dalam menghadapi pendemi virus corona. (Sumber: Youtube Susi Pudjiastuti)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Hasil survei lembaga Charta Politika mengungkap 44,4 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab pertanyaan sebut salah satu nama menteri Kabinet Indonesia Maju yang memiliki kinerja terbaik.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menjelaskan survei yang dilakukan kepada 2000 responden melalui wawancara telepon ini bersifat terbuka.

Responden diminta menyebutkan nama menteri Presiden Jokowi di periode kedua yang dianggap memiliki kinerja terbaik.

Baca Juga: Hasil Survei: Publik Masih Pilih Prabowo Jadi Presiden Walau Elektabilitas Turun

Hasilnya 44,4 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu. Ada juga responden yang menyebutkan nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebanyak 1,7 persen.

Namun sebanyak 12,8 persen responden memilih nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Kemudian Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan dukungan 11.5 persen, Menteri BUMN Erick Thohir dengan perolehan 5.8 persen.

Selanjutnya, Menko Polhukam Mahfud MD dengan dukungan sebesar 4.6 persen dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 4.2 persen.

Baca Juga: Survei: Kepercayaan Publik Terhadap Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Tangani Covid-19, Turun

Mendagri Tito Karnavian 2.6 persen, Mensos Juliari Batubara 2.2 terakhir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan perolehan 2.0 persen. 

Menurut Yunarto nama-nama menteri yang dipilih responden tersebut memiliki tingkat pengenalan yang tinggi. Hal ini jugalah yang membuat nama Susi masih muncul.

"Ada keluar nama Susi Pundjiastuti karena ini pertanyaan spontan, gak semua bisa menyebutkan nama tapi ada beberapa menyebutkan nama menterinya," ujar Yunarto saat pemaparan hasil survei secara virtual, Rabu (22/7/2020).

Survei ini dilaksanakan pada 6-12 Juli 2020. Metode survei adalah simple random sampling dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: 69.6 Persen Setuju Reshuffle Kabinet Jokowi

Kriteria responden minimal 17 tahun atau memenuhi syarat menjadi pemilih di pemilu.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x