Kompas TV nasional politik

Elektabilitas Ganjar Jadi Capres Naik, Sekjen PDIP: Pilpres Masih Jauh, Fokus Partai Pilkada 2020

Kompas.tv - 22 Juli 2020, 21:48 WIB
elektabilitas-ganjar-jadi-capres-naik-sekjen-pdip-pilpres-masih-jauh-fokus-partai-pilkada-2020
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranomo sebagai calon presiden berkibar dalam beberapa survei.

Ada tiga survei yang menyatakan tren elektabilitas Ganjar Pranomo sebagai Capres meningkat dalam tiga bulan terakhir.

Tiga hasil survei itu dikeluarkan oleh Indikator Politik Indonesia, Charta Politika Indonesia dan Y-Publika.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Covid-19 Elektabilitas Ganjar Naik Tajam di Atas Anies & Prabowo

Meningkatnya elektabilitas atau keterpilihan Ganjar sebagai Capres tak berpengaruh besar terhadap DPP PDI Perjuangan (PDIP).

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menjelaskan konsentrasi partai saat ini tertuju pada pemenangan Pilkada 2020 dan DPP PDIP belum menyentuh pembahasan Capres dan Cawapres.

Ia juga menyatakan survei memang menjadi salah satu tolak ukur DPP PDIP dalam memilih Capres atau Cawapres meski begitu, keputusan tetap di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kongres telah menetapkan Ibu Ketua Umum yang nanti menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024 yang akan datang," ujar Hasto saat konferensi pers dari kantor DPP PDIP, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Pesan Ganjar Untuk Gibran yang Sah Diusung PDIP

Survei Indikator Politik Indonesia menyatakan elektabilitas Ganjar Pranowo pada Juli 2020 sebesar 16,2 persen. Angka tersebut meningkat dari elektebilitas 11,8 persen pada Mei 2020.

Survei Charta Politika menjelaskan elektabilitas Ganjar dari semula 13,3 persen dari pada Mei 2020 kini menjadi 15,9 persen.

Sementara survei Y-Publika merilis elektabilitas Ganjar 15,2 persen. Sebelumnya tingkat keterpilihan Ganjar Pranowo hanya 8,0 persen.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.