Kompas TV regional berita daerah

Begini Proses Evakuasi Paus Biru Yang Terdampar di Kupang

Kompas.tv - 22 Juli 2020, 18:31 WIB
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Proses evakuasi paus biru yang pada Selasa kemarin mati terdampar di pesisir pantai Nunhila, Kota Kupang oleh petugas Balai Konservasi Perairan NTT dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTT sejak Rabu pagi hingga sore tadi sempat mengalami sejumlah kendala.

Evakuasi bangkai paus itu selain terkendala cuaca berupa gelombang dan arus kencang, juga karena bangkai paus tersebut memiliki bobot yang berat sekitar 6 ton dan panjang kurang lebih 23 meter.

Proses evakuasi bangkai paus dari perairan teluk Lalendo, Pulau Semau, ke pesisir pantai desa Nifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang baru berhasil dilakukan selama kurang lebih 6 jam.

Namun demikian proses penguburan bangkai paus itu, belum dapat dilakukan sore tadi, akibat surutnya air laut hingga menyulitkan petugas menarik bangkai paus lebih dekat ke lubang kuburan, meski petugas telah menyiapkan lubang kuburan berukuran 30 meter dengan kedalaman 4 meter. 

Rencananya proses penguburan baru dilakukan malam hari ini, saat air laut pasang agar memudahkan petugas menarik bangkai paus ke lubang kubur.

#PausBiru #EvakuasiPaus #PausMati



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x