Kompas TV nasional hukum

Namanya Dicatut Buat Peras Perusahaan, Kepala BP2MI Lapor Polisi

Kompas.tv - 22 Juli 2020, 15:57 WIB
namanya-dicatut-buat-peras-perusahaan-kepala-bp2mi-lapor-polisi
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani saat memberi keterangan pers di Bareskrim Polri, Selasa (21/7/2020). (Sumber: Dok. BP2MI)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKATA, KOMPASTV – Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani melaporkan tindak pidana penipuan yang mengatasnamakan dirinya ke Polda Metro Jaya.

Benny menjelaskan tindak penipuan itu terjadi usai BP2MI menggerebek dua perusahaan swasta yang akan mengirimkan 19 calon PMI ke Thailand.

Perusahaan itu akan memberangkatkan calon pekerja migran Indonesia (PMI) secara non prosedural. Diduga pelaku membawa nama Benny dan staf BP2MI untuk memeras dua perusahaan tersebut.

Baca Juga: Dokumen Kerja Bermasalah, 73 Pekerja Migran Dideportasi dari Malaysia

Benny menegaskan dirinya pribadi maupun atas nama BP2MI tidak pernah meminta uang kepada perusahaan yang melakukan tindakan non presedural kepada para PMI.

Ia meminta masyarakat untuk waspada dan melaporkan tindakan pemerasan yang dilakukan oknum yang membawa nama BP2MI kepada polisi.

"Saya meminta masyarakat agar berhati-hati jika ada orang atau oknum yang meminta-minta uang dengan nama pribadi saya atau BP2MI. Saya tegaskan bahwa itu tidak benar dan hanya modus penipuan,"  ujar Benny dalam Konferensi Pers di Kantor BP2MI, Rabu (22/7/2020).

Benny menambahkan atas tindakan penipuan tersebut, pelaku telah berhasil meminta uang sebesar Rp30 juta kepada pihak perusahaan.

Baca Juga: Selama Pandemi Covid-19, Ratusan Ribu Pekerja Migran Sudah Pulang dan Tiba di Tanah Air

Pihak perusahaan juga telah memiliki bukti transfer dan nomor telepon yang digunakan si penipu  dengan mengatasnamakan Kepala BP2MI. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.