Kompas TV feature news or hoax

Kumpulan Hoax 19 Juli 2020 - NEWS OR HOAX (Bag2)

Jumat, 24 Juli 2020 | 07:01 WIB

KOMPAS.TV - Munculnya penelitian baru mengenai perkembangan virus corona menjadi pertimbangan untuk tetap berhati-hati di tempat umum. Apalagi di ruangan tertutup.

Karena, pada 29 Juni 2020 lalu, World Health Organization (WHO) merilis sebuah hasil penelitian baru yang mengatakan bahwa virus corona bisa bertahan lama di tempat tertutup dan berpindah dari satu orang ke orang lain dalam bentuk aerosol. Penelitian ini mematahkan klaim sebelumnya yang mengatakan bahwa virus corona tidak bisa menyebar lewat udara.

Dalam hal ini, tempat-tempat yang disinyalir berpotensi menjadi lokasi penularan lewat udara adalah ruangan yang tertutup dan minim sirkulasi seperti restoran, pusat kebugaran, atau ruang-ruang kelas.

Sebelumnya, WHO sempat meragukan bentuk penularan melalui udara ini. Bahkan, pada artikel di laman resmi seperti covid19.go.id juga disebutkan bahwa informasi mengenai virus corona yang bisa menyebar lewat udara diklasifikasikan sebagai informasi bohong atau hoaks.

Informasi virus corona yang dapat menyebar melalui udara merupakan contoh salah satu informasi yang sebelumnya merupakan hoaks, tetapi menjadi informasi fakta akibat perkembangan penelitian di dunia yang tidak boleh diremehkan.

Namun, selain itu, masih beredar banyak sekali berita bohong di media sosial yang bisa menimbulkan kekhawatiran di masyarakat seputar covid-19 diantara lain adalah berita-berita hoax yang telah News or Hoax rangkum untuk minggu ini.

#NewsOrHoax #BeritaHoax #Corona

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:44
HANNOVER MESSE 2021, PERTAMINA TAMPILKAN DUKUNGANNYA DALAM PEMBANGUNAN HIJAU DAN BERKELANJUTAN   BNPB: LEBIH DARI 53.000 DESA ATAU KELURAHAN DI INDONESIA RAWAN BENCANA   TENAGA AHLI UTAMA KSP ALI MOCHTAR NGABALIN: ADA PERUBAHAN NOMENKLATUR BKPM JADI KEMENTERIAN INVESTASI   POLRI SIAP MENDUKUNG LANGKAH PEMERINTAH DALAM MENGEJAR ASET SISA PIUTANG NEGARA DARI DANA BLBI   POLRI MASUK DALAM STRUKTUR SATGAS PENANGANGAN HAK TAGIH NEGARA DANA BANTUAN LIKUIDITAS BANK INDONESIA (BLBI)   KKP MELEPAS EKSPOR PRODUK PERIKANAN DI SEJUMLAH WILAYAH INDONESIA SEBANYAK 11.637 TON ATAU SENILAI 1 TRILIUN   OMBUDSMAN MINTA PERTAMINA GANTI RUGI WARGATERDAMPAK LEDAKAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JABAR   BERKAS PERKARA DILIMPAHKAN KE PN TIPIKOR, EKS MENSOS JULIARI BATUBARA SEGERA DISIDANG   KSPSI MINTA PEMERINTAH BERI SANKSI TEGAS PERUSAHAAN YANG BELUM LUNASI THR PADA 2020   POLRI ANCAM PENJARAKAN TRAVEL GELAP YANG NEKAT ANGKUT PENUMPANG UNTUK MUDIK LEBARAN   KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISTIONO SEBUT TERDAPAT 333 POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN 2021   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT PENINGKATAN MASYARAKAT MISKIN DI JAKARTA TERJADI KETIKA PANDEMI COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: MASYARAKAT MISKIN ATAU MASYARAKAT DENGAN EKONOMI RENTAN MENINGKAT   JAM OPERASIONAL RESTORAN DI KOTA TANGERANG TETAP SAMPAI PUKUL 21.00 WIB SELAMA BULAN RAMADAN